ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

PWI Pusat akan Gelar Seminar Pilkada Damai

May 31, 2024 by  
Filed under Berita

JAKARTA – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat akan menyelenggarakan Seminar Pilkada Damai 2024, yang mengambil tema “Tantangan Menyelenggarakan Pilkada Damai Serentak 2024”.

Seminar akan diselenggarakan di Hall Dewan Pers, pada 5 Juni 2024, dengan mengundang partai politik, wali kota, bupati, wartawan, dosen, mahasiswa  dan masyarakat. Demikian keputusan rapat panitia seminar yang dipimpin Wakil Sekjen PWI Pusat Raja Parlindungan Pane, Jumat (31/5) di kantor PWI Pusat.

Penyelenggaraan kegiatan ini, kata Raja Pane juga berdasarkan Surat edaran Kementerian Dalam Negeri Nomor 200.2.1/2222/SJ Tentang Stabilitas Penyelenggaraan Kegiatan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serentak tahun 2024.

Ketua Panitia Pelaksana Seminar  PWI Pusat 2024, M. Sarwani mengatakan, seminar yang akan dibuka oleh Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch. Bangun ini akan menghadirkan Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu yang akan membahas tentang peranan pers mengawal Pemilu yang berkualitas.

Selanjutnya juga menghadirkan Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro yang akan membahas mengenai penyiapan Penganggaran, SDM, dan Pendukung Pemilukada 2024. Sedang anggota KPU RI August Mellaz akan berbicara mengenai progress reports Pilkada 2024.

“Seminar ini juga menghadirkan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Karyoto, yang nantinya akan membahas mengenai Nilai Penting Jakarta Sebagai Episentrum Keamanan Nasional. ,” ujar Sarwani.

Pembicara lain adalah Titi Anggraini dari  Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem)  yang membahas mengenai Perspektif Pilkada dan Pilpres.

“Acara seminar ini juga akan berlangsung secara zoom untuk pengurus PWI di berbagai daerah di Indonesia,” ujarnya. (**)

Pendapatan PLN Tumbuh Signifikan Mencapai Rp487 Triliun, Ditopang Peningkatan Penjualan Tenaga Listrik

May 31, 2024 by  
Filed under Nusantara

Petugas PLN melakukan penyambungan listrik bagi pelanggan baru di Toraja, Sulawesi Selatan. Percepatan penyambungan pelanggan yang dilakukan PLN juga sangat berdampak terhadap peningkatan penjualan di tahun 2023. Sepanjang tahun 2023, PLN berhasil menambah 3,5 juta sambungan pelanggan.

JAKARTA – Transformasi yang terus dilakukan PLN sukses membuat pendapatan usaha PLN meningkat sebesar 10,48% menjadi Rp487,38 triliun pada tahun 2023. Peningkatan pendapatan usaha tersebut menjadi penopang peningkatan laba PLN. Di bawah navigasi Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, PLN berhasil membukukan keuntungan terbesar dalam sejarah perseroan dengan meraih laba bersih sebesar Rp22,07 triliun pada tahun 2023, sekaligus mencetak hattrick rekor laba bersih selama tiga tahun berturut-turut sejak 2021.

Darmawan menjelaskan capaian ini merupakan buah dari konsistensi transformasi yang dilakukan oleh PLN dalam tiga tahun terakhir.

“Ini adalah buah manis dari upaya transformasi yang kami lakukan. Kami berhasil mengubah cara pandang dalam memberikan layanan kepada pelanggan. Dulu kami hanya berorientasi pada supply pasokan listrik, sekarang berorientasi pada demand dan kepuasan pelanggan,” ucap Darmawan.

Electrifying agriculture dengan menggunakan lampu pada malam hari untuk meminimalisir hama yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman sekaligus menjadi matahari buatan untuk mempercepat pertumbuhan tanaman pada kebun petani bawang di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

Pendapatan terbesar diperoleh dari pertumbuhan penjualan listrik sebesar 5,36%, dari 273,76 Terra Watt hour (TWh) pada 2022 menjadi 288,44 TWh pada tahun 2023. Hal tersebut membuat pendapatan dari penjualan tenaga listrik pada tahun 2023 mencapai Rp333,19 triliun atau meningkat Rp22,13 triliun pada tahun 2022.

“Kami tidak lagi sekadar menunggu, tapi sekarang kami turun langsung melihat kebutuhan pelanggan. Kami pastikan PLN siap memenuhi setiap kebutuhan pelanggan,” tambah Darmawan.

Penjualan listrik tertinggi diperoleh dari sektor bisnis dan industri yaitu mencapai 145,70 TWh atau meningkat 6,69 TWh dibanding tahun 2022. Kemudian sektor rumah tangga mencapai 122,34 TWh atau meningkat 6,24 TWh dibanding tahun 2022. Untuk sektor lainnya mencapai 20,4 TWh atau meningkat 1,75 TWh dibanding tahun 2022.

Pertumbuhan penjualan listrik tidak lepas dari innovative marketing yang dijalankan oleh perseroan. Melalui strategi intensifikasi, PLN hadir memenuhi kebutuhan pelanggan atas peningkatan konsumsi listrik.

PLN terus menghadirkan program promo biaya tambah daya untuk memudahkan pelanggan yang ingin meningkatkan penggunaan listrik yang produktif. PLN juga menghadirkan program akuisisi captive power yang mengajak pelanggan bisnis dan industri beralih dari penggunaan pembangkit listriknya sendiri ke PLN. Dari seluruh strategi intensifikasi yang dijalankan, PLN berhasil menambah penjualan sebesar 9,99 TWh.

 

“Kami melakukan digitalisasi di setiap proses bisnis, mulai dari pembangkitan, transmisi, distribusi hingga layanan pelanggan. Ini membuat listrik kami semakin andal, sehingga pelaku usaha kini semakin yakin dalam menggunakan listrik PLN yang lebih andal dan efisien,” imbuh Darmawan.

Sementara, melalui strategi ekstensifikasi, PLN menciptakan demand listrik baru yang merespons kebutuhan listrik di seluruh penjuru tanah air. Lewat strategi ini PLN berhasil meningkatkan penjualan listrik perseroan sebesar 4,68 TWh.

“Model layanan yang sebelumnya pasif, statis dan kaku, kami ubah menjadi model bisnis yang aktif, dinamis, dan agile,” ucap Darmawan.

Lewat strategi ekstensifikasi, PLN terus menghadirkan inovasi layanan melalui program electrifying agriculture dan electrifying marine. Sampai dengan Desember 2023 PLN telah menyambung listrik bagi pelaku usaha bidang agrikultur dan kelautan, dengan total daya terpasang  ini sebesar 317 Megavolt Ampere (MVA) dan konsumsi listrik sebesar 153,59 Giga Watt hour (GWh).

“Kami ingin listrik terus menjadi jantungnya pertumbuhan ekonomi masyarakat. Kami mendorong pelaku usaha di sektor agrikultur melakukan inovasi teknologi berbasis listrik agar lebih modern dan membuat produktivitas mereka meningkat signifikan dibanding dengan menggunakan energi fosil,” ungkap Darmawan.

PLN juga aktif mendukung pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik. Sepanjang tahun 2023 jumlah home charging telah mencapai 9.393 unit, meningkat lebih dari 10 kali lipat dari tahun 2022. Sementara jumlah SPKLU mencapai 624 unit, meningkat lebih dari 2 kali lipat dari tahun 2022. Penambahan infrastruktur ini membuat konsumsi daya untuk kendaraan listrik mencapai 5.401 MWh, meningkat lebih dari 5 kali lipat dibanding tahun 2022.

Percepatan penyambungan pelanggan yang dilakukan PLN juga sangat berdampak terhadap peningkatan penjualan di tahun 2023. Sepanjang tahun 2023, PLN berhasil menambah 3,5 juta sambungan pelanggan baru.

“Kami terus memperbaiki proses bisnis layanan secara end to end. Ini merupakan komitmen kami untuk meningkatkan kepuasan pelanggan kami,” kata Darmawan.

Peningkatan pendapatan diraih bukan hanya dari penjualan tenaga listrik, melainkan juga dari pengembangan usaha di luar sektor ketenagalistrikan atau beyond kWh. Bisnis tersebut antara lain penyediaan energi primer untuk pembangkit swasta, jasa jaringan telekomunikasi, pemeliharaan infrastruktur kelistrikan, penyewaan peralatan dan infrastruktur kelistrikan, hingga layanan kajian proyek kelistrikan untuk badan usaha lain.

“Cara pandang pengembangan bisnis yang dulunya stagnan dan backward looking, menjadi lebih ekspansif, dinamis, dan forward looking,” jelas Darmawan.

Sepanjang tahun 2023, bisnis beyond kWh ini sukses menyumbang pendapatan sebesar Rp10,27 triliun. Angka ini melonjak naik 52,57% dibanding tahun 2022 yang sebesar Rp6,73 triliun.

Terpisah, General Manager PLN UIP3B Kalimantan, Abdul Salam Nganro turut memberikan apresiasi terhadap pencapaian yang telah diraih. Salam juga menambahkan bahwa hasil capaian ini merupakan buah dedikasi dan bentuk perjuangan yang diberikan oleh segenap karyawan PLN dari seluruh lini.

“Ini merupakan hasil dari jerih payah yang didedikasikan oleh seluruh pegawai PLN dari kontribusi segala lini.  Mulai dari sistem pembangkit, transmisi, distribusi, pengadaan, sistem keuangan, sistem planning hingga restrukturisasi organisasi dan pelayanan pelanggan. Ke depan PLN akan terus mengembangkan tekonologi dan usaha sesuai dengan permintaan pelanggan dan pasar,” ungkap Salam. (**)

Fitur Unggulan Ini Bikin LEXi LX 155 Sukses Raih Penghargaan Rookie of The Year 2024

May 31, 2024 by  
Filed under Gaya Hidup

JAKARTA– Kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia yang semakin kompleks seiring dengan perkembangan teknologi dan juga tren gaya hidup, mendorong Yamaha untuk terus berinovasi dalam memperbarui jajaran produk terbaiknya. Salah satunya, seperti pembaruan yang dilakukan di keluarga skutik MAXi Yamaha, yaitu LEXi LX 155.

Sejak diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari lalu, kehadiran LEXi LX 155 sukses memikat banyak hati para pecinta skutik premium di tanah air. Pasalnya, selain memiliki tampilan desain yang fresh, produk ini turut mendapatkan sentuhan pembaruan baik dari segi performa mesin maupun fitur berkendaranya. Melihat begitu banyaknya peningkatan yang diberikan pada motor, maka tidak heran jika skutik tersebut sukses menyabet gelar Rookie of The Year di ajang penghargaan tahunan bergengsi OTOMOTIF Award 2024.

“Diakuinya LEXi LX 155 sebagai Rookie of The Year di tahun ini. Menunjukan bahwa motor tersebut telah diakui kualitasnya sebagai salah satu motor terbaik oleh masyarakat Indonesia. Hal itu tentunya tidak terlepas dari kelebihan produk yang mampu memberikan nilai tambah kepada konsumen, baik itu dari segi tampilan desain atraktif khas MAXi, performa mesin Blue Core 155cc yang bertenaga dan irit, serta dek lega dan rata yang dapat mendukung pengalaman berkendara lebih menyenangkan, baik saat digunakan di area perkotaan maupun touring sekalipun,” ungkap Antonius Widiantoro, Asst. General Manager Marketing – Public Relation, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.

Lantas fitur-fitur unggulan apa saja yang membuat LEXi LX 155 menjadi salah satu skutik terbaik yang dapat diandalkan untuk mobilitas perkotaan dan perjalanan jarak jauh, simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Mesin Blue Core 155cc Generasi Terbaru

Salah satu kejutan yang dibawa oleh LEXi LX 155 adalah penggunaan mesin Bluecore 155cc generasi terbaru yang punya sentuhan peningkatan pada bagian camshaft, piston, head serta jalur oli. Mesin anyar ini lebih minim gesekan serta vibrasi sehingga memiliki performa yang lebih bertenaga dan irit. Berbicara soal irit, berdasarkan hasil pengetesan internal tim Yamaha*. Dengan kondisi full tank, Yamaha LEXi LX 155 mampu digeber Jakarta menuju Bandung tanpa perlu mengisi bensin sekalipun di tengah perjalanan.

  1. Ruang Kaki Rata yang Luas

Keunggulan unik lainnya yang dimiliki LEXi LX 155, yaitu menjadi satu-satunya skutik MAXi Yamaha yang memiliki dek lega dan rata. Kondisi ini tentunya sangat mendukung gaya berkendara yang simpel dan praktis di perkotaan. Selain itu, dengan ruang kaki yang luas ini, pengendara juga bisa lebih leluasa untuk membawa barang yang digantungkan di hook area depan.

  1. Desain Keren & Compact

Tampilan LEXi generasi terbaru menyajikan desain keren yang memadukan nilai sporty serta premium khas MAXi Yamaha, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para biker yang berjiwa muda. Selain desainnya yang fresh, skutik ini juga punya bobot teringan (116 – 118 kg)* dan body paling compact di keluarga MAXi Yamaha. Dengan body yang ramping dan ringan itu dapat memberikan kelincahan saat bermanuver membelah kepadatan jalanan kota dan juga mudah untuk di parkir. Tidak hanya itu, model LEXi terbaru ini juga memiliki desain jok yang lebih ramping dan rendah (770 mm), sehingga lebih nyaman untuk dikendarai karena pijakan kaki pengendara dapat menapak lebih mudah ke permukaan tanah.

  1. Y-Connect

Keunggulan lainnya yang tersemat pada motor dan mendukung mobilitas perkotaan adalah Y-Connect**. Dengan fitur ini, pengendara dapat memantau kondisi motor dan data berkendara mereka sehari-hari secara lebih mudah melalui aplikasi di smartphone. Adapun layanan fitur yang tersemat pada aplikasi Y-Connect meliputi :

  • Rekomendasi perawatan : mengecek kondisi oli dan voltasi aki motor
  • Notifikasi pesan & telfon masuk
  • Notifikasi malfungsi
  • Lokasi parkir terakhir saat motor terhubung dengan aplikasi
  • Konsumsi bnsin / BBM
  • Riding log yang menampilkan histori rute berkendara
  • Jarak tempuh, peringkat dan eco point (Rank)
  • Revs dashboard yang menampilkan data perputaran mesin
  1. Electric Power Socket & SSS

Fitur canggih lainnya yang terdapat pada LEXi LX 155 adalah Electric Power Socket yang berfungsi untuk mengisi daya smartphone pengendara selama diperjalanan. Fitur satu ini cukup penting untuk kebutuhan mobilitas di perkotaan, mengingat banyak pengguna sepeda motor saat ini yang kerap membuka maps digital saat sedang bepergian. Tidak hanya itu, untuk semakin mendukung konsumsi bahan bakar yang efisien, skutik ini juga telah dilengkapi fitur Start Stop System, shingga dapat mengurangi bahan bakar terbuang secara percuma pada saat motor berhenti.

*Dilakukan degan metode full to full oleh rider berpengalaman

**Spesifkasi dan fitur hanya terdapat pada varian LEXi LX 155 tertentu

Sekda Kukar Hadiri Sosialisasi UU Desa

May 31, 2024 by  
Filed under Kutai Kartanegara

TENGGARONG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono menghadiri Pembukaan Sosialisasi dan Public Hearing Undang-Undang (UU) Nomor 3 Tahun 2024 Perubahan Kedua Atas UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, Kamis (30/5/24) di Gedung Bela diri Stadion Aji Imbut Tenggarong Seberang.

Acara tersebut dihadiri pihak Kementerian Dalam Negeri, Kemendes PDDT, Anggota DPD RI (Badan Legislasi), Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri RI, Pemprov Kalimantan Timur, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kukar, Para Kepala Biro di lingkungan Pemprov Kaltim, Kepala OPD di Lingkungan Pemprov Kaltim dan Kukar, Kemenag Kukar, Camat Tenggarong Seberang Tego Yuwono, Ketua DPP Desa Bersatu Muhammad Asri Anas, Ketua APDESI Kalimantan Timur Sumali, Kepala Desa se Kaltim, juga Para Tokoh masyarakat Kukar.

Sekda berharap kehadiran Pemerintah Pusat, Pemprov dan undangan lainnya membawa kemajuan untuk Kukar.

Menyampaikan sambutan Bupati Edi Damansyah, Sekda mengatakan bahwa Desa merupakan ujung tombak pembangunan nasional. Oleh karena itu, penting untuk terus memperkuat desa, baik dari segi pemerintahan, ekonomi, maupun sosial.

Keberadaan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa merupakan langkah penting untuk memperkuat desa. Undang-undang ini memberikan kewenangan yang lebih luas kepada desa untuk mengelola sumber daya alam dan keuangannya.

“Kegiatan Sosialisasi dan Public Hearing ini merupakan forum yang tepat untuk mendapatkan masukan dan saran dari berbagai pihak terkait dengan implementasi Undang-Undang tersebut ,” ujarnya.

Seperti yang diketahui bersama, substansi perubahan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa (UU Desa), antara lain Masa jabatan Kepala Desa menjadi 8 tahun dengan maksimal 2 periode (sebelumnya 6 tahun dengan maksimal 3 periode).

Dana Desa yang dialokasikan 15% dari Dana Transfer Daerah (sebelumnya 10%). Desa diberikan kewenangan untuk mengatur dan mengelola sumber daya alam di desanya, termasuk kewenangan Desa untuk membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Desa mengatur tentang pengembangan desa wisata, desa adat, dan desa inklusif.

Dengan kedatangan pihak Kementerian, Anggota DPR RI (Badan Legislasi), serta Pemprov Kaltim pada hari ini, diharapkan forum ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Saya harap kegiatan ini menghasilkan pemikiran dan solusi yang konstruktif untuk memperkuat desa di Indonesia, khususnya di Provinsi Kaltim dan Kukar,” ujarnya. (kk04)

MTS Negeri 3 Muara Jawa Implementasikan GEMA

May 31, 2024 by  
Filed under Kutai Kartanegara

TENGGARONG – MTS Negeri 3 Kukar menggelar Khatamul Quran ke – 20, Tahfidz Juz 1 dan Juz 30 Implementasi Gerakan Etam Mengaji (Gema) Tahun Ajaran 2023/2024 di Kelurahan Jawa Pesisir Kecamatan Muara Jawa, Kamis (30/5/2024).

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) Akhmad Taufik Hidayat mewakili Bupati Kukar Edi Damansyah menyampaikan rasa bangga dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kepala MTSN 3, Dewan Guru dan seluruh Siswa/Siswinya yang telah dengan tekun dan istiqomah menjalankan Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2021 tentang Pedoman Gerakan Etam Mengaji.

“Saya yakin belum semua sekolah memiliki prestasi yang seperti ini. Untuk itu selayaknya kalau kita semua memberikan penghargaan dan apresiasi. Sekali lagi saya ucapkan selamat, semoga prestasi yang telah diraih dan dicapai saat ini tidak terhenti sampai disini, harus lebih ditingkatkan dimasa-masa yang akan datang,” ujarnya.

Taufik berharap semua sekolah baik swasta maupun negeri hendaknya bisa mengikuti kegiatan Gerakan Etam Mengaji secara massif, berkesinambungan dan terus menerus.

“Saya berharap apa yang telah dilakukan oleh MTSN 3 Muara Jawa ini dapat diikuti oleh sekolah-sekolah yang lainnya, bukan hanya sekolah dibawah binaan Kementerian Agama saja, tetapi juga semua sekolah baik swasta maupun negeri,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut Asisten I Akhmad Taufik Hidayat dan undangan yang hadir juga menyaksikan penampilan para Tahfidz Qur’an melantunkan ayat – ayat suci Al-Quran.

Selain itu, dilakukan pemotongan tumpeng, penerimaan sumbangan (open donasi) dari para undangan yang hadir, dan juga penyerahan bantuan pendidikan serta penyerahan cendera mata kepada dari MTS Negeri 3 Kukar kepada Pemkab Kukar yang diterima Asissten I Akhmad Taufik Hidayat.

Hadir dalam acara tersebut kepala kantor Kemenag Kukar H. Nasrun, Camat Muara Jawa Muhammad Ramli, dan Forkopimcam setempat.(kk01).

Next Page »