ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Kukar Setiap Hari Kirim 5 Ton Toman

January 16, 2013 by  
Filed under Agrobisnis

Share this news

TENGGARONG – vivaborneo.com, Pusat pengembang biakan ikan toman atau sebutan ilmiahnya Channa micropeltes di Kutai Kartanegara terdapat di Kecamatan Muara Muntai. Dari Kecamatan ini sekitar 5 ton perhari di kirim ke luar Kukar.           

Ikan toman Toman adalah nama sejenis ikan buas dari suku ikan gabus (Channidae). Memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan ikan gabus, toman dapat tumbuh besar mencapai panjang lebih dari satu meter dan berat bisa mencapai 5 kg perekornya. Di Kecamatan Muara Muntai ikan ini hanya dikembangbiakan oleh nelayan setempat dalam keramba yang mengapung disepanjang Sungai Mahakam. Warga setempat jarang bahkan enggan mengkonsumsi ikan ini mereka lebih banyak membiakkannya  untuk kemudian  menjualnya terutama ke wilayah Kalimantan Selatan dan Kalteng karena nilai jualnya cukup menggiurkan.

Menurut pengumpul ikan Toman Muhdar keengganan warga memakan ikan toman karena ikan ini habitat aslinya bukan dari  sungai Mahakam tapi dari Malaysia, Thailand dan Sumatera. Menurutnya secara fisikli toman mirip ikan Gabus lokal namun beda dari serat dagingnya serta warna kulit berwarna kemerahan dan moncongnnya seperti ular.

“Jika Toman dagingnya lebih kasar sedang haruan (Gabus-red) empuk,” ujarnya.

Ditambahkannya warga tidak mau makan selain ikan ini terasa asing dilidah juga kalau tidak biasa memakannya bisa kepala pusing dan lemas. Beda dengan orang di Kalsel dan Kalteng gemar makan ikan ini.

“Ya sehingga warga lebih suka mengembang biakan ketimbang di konsumsi karena nilai ekonominya yang tinggi,” katanya.

Ikan toman yang berasal dari Muara Muntai ini setiap harinya rata rata 5 ton dalam kondisi hidup dibeli pedagang dari Kalsel. Mereka membawanya dalam bak truk berkapasitas 2,5 ton. Sehingga minimal ada 2 truk berplat nomor polisi Banjarmasin pengangkut ikan toman datang ke Kota Bangun sebagai titik bongkar muat ikan toman. Dikatakan untuk harga ikan toman di Muara Muntai mencapai Rp 30 hingga Rp 40 ribu  perkilonya. Sedang diberbagai kota di  Kalsel hingga Kalteng harga jualnya mencapai Rp 50 ribu hingga Rp 60 ribu. (vb/hayru)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.