ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Samarinda Illustration Fair 2024

January 20, 2024 by  
Filed under Gaya Hidup

Share this news

SAMARINDA – Bersamaan dengan Hari Ulang Tahun Kalimantan Timur dan Kota Samarinda, Samarinda Design Hub untuk keempat kalinya menyelenggarakan pameran.

Kegiatan di awal tahun 2024 ini diberi tajuk Samarinda  Illustration Fair (SIF) 2024. Berbeda dengan pameran sebelumnya, kali ini yang ditampilkan adalah karya ilustrasi dari 76 partisipan dengan lebih dari 200 karya, berasal dari 6 provinsi (14 kota)

“Sebenarnya, karya yang masuk lebih dari 300, tetapi setelah dilakukan kurasi, dengan mempertimbangkan aspek teknis, keterampilan dan presentasi, maka hanya 200 karya yang dipamerkan,” kata Ketua Penyelenggara Ramadhan S. Pernyata.

DIkatakan,  karya yang tidak lolos seleksi tidaklah mencerminkan kurangnya nilai atau kualitas karya. “Setiap karya yang kami terima menunjukan bakat dan keahlian para partisipan yang luar biasa tetapi kami dihadapkan pada keterbatasan dalam memilih karya-karya yang masuk ke dalam pameran,” jelasnya.

Karya dari Kalimantan Timur berasal dari Balikpapan, Samarinda, Bintang, Tenggarong, Penajam Paser Utara, Kutai Barat dan Berau. Kemudian dari Tanggerang (Banten), Bandung (Jawa Barat), Sleman dan Bantul (Yogyakarta), Jakarta Timur (Jakarta), Blitar dan Surabaya (Jawa Timur).

Semua karya yang dipamerkan didokumentasikan dalam buku katalog yang diberi judul “Echoes on the Horizons) setebal 240 halaman.

Pameran yang diselenggarakan sejak hari ini, Sabtu 20 Januari, akan berakhir Minggu, 28 Januari 2024, di gedung Samarinda Design Hub, jalan KH Wahid Hasyim II, Graha TVRI Asri Blok A Nomor 4 Samarinda. Menariknya,  partisipan pameran ada yang berusia 16 tahun. Rata-rata peserta adalah mahasiswa. Sebagian lagi sarjana dan pascasarjana, ada yang berlatar belakang design kominikasi visual, ada pula dari jurusan lain.

“Beberapa peserta adalah ilustrator suratkabar terkemuka, penerbitan besar bahkan media luar negeri,” kata Ramadhan. (**)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.