ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Muhammad Samsun Gaungkan Optimalisasi Pertanian dalam Momentum IKN

February 10, 2023 by  
Filed under DPRD Kaltim

Share this news

Muhammad Samsun

SAMARINDA – Kehadiran Ibu Kota Negara (IKN) di Kaltim menjadi momentum dalam optimalisasi pertanian untuk memperbesar peluang pasar bagi sektor pertanian Kaltim. Adanya potensi urbanisasi masyarakat secara besar-besaran diharapkan mampu menjadi keuntungan bagi masyarakat lokal khususnya yang berprofesi pada bidang pertanian.

Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun melihat kedatangan masyarakat dari luar daerah ke Kaltim sebanyak 1.600 orang sebagai pekerja konstruksi pembangunan IKN tentunya membutuhkan suplai bahan pangan. Karenanya, Kaltim harus semakin memperkuat lumbung pangan.

“Mendengar program IKN sudah mulai bekerja dan ada 1.600 pekerja.  Itu adalah pasar, dan pasar pertanian cukup luas karena sampai hari ini belum bisa swasembada. Artinya kecukupan pangan Kaltim harus masih mendatangkan dari daerah lain,” ucap Muhammad Samsun, Jumat (10/2/2023).

Mengenai prospek pasar yang memiliki potensi besar itu pihaknya juga berencana melakukan koordinasi dengan Diskominfo Kaltim untuk membicarakan hal itu agar dapat terwujud sesuai harapan.

“Setidaknya selain kita harus meningkatkan SDM masyarakat lokal dukungan pemerintah juga harus hadir di sini, karena ini dalam rangka mempersiapkan apa saja yang bisa kita lakukan mengenai kedatangan IKN,” pungkasnya. (*)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.