ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

DPK Kaltim Siapkan Pustakawan dan Arsiparis

March 2, 2023 by  
Filed under Kalimantan Timur

Share this news

SAMARINDA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim siap berkontribusi dalam upaya pembangunan Ibu Kota Negara (IKN), dalam hal ini dengan menyiapkan tenaga kearsipan dan perpustakaan.

Kepala DPK Kaltim, Muhammad Syafranuddin menerangkan  tenaga pustakawan dan arsiparis  merupakan unsur penting dalam berjalannya suatu sistem pemerintahan. Terutama, Kaltim yang saat ini tengah menjadi sorotan mata atas perpindahan IKN yang sebelumnya berlokasi di Jakarta.

“Pembinaan terhadap generasi muda dalam menyambut IKN merupakan tujuan DPK. Menjadi pustakawan dan arsiparis mempunyai nilai lebih. Terutama dengan berdirinya badan, lembaga, serta instansi di IKN, kemungkinan peluang memperlukan dua tenaga tersebut ada,” jelas Syaframuddin.

 

Ada pun langkah yang akan ditempuh DPK Kaltim dalam mewujudkan program tersebut dengan mempersiapkan para siswa Kalimantan Timur pada jenjang SMA dan SMK yang akan dicanangkan pembekalan profesi bersama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Timur.

“Mereka akan dilatih serta dapat melalui masa magang. Ketika mereka bekerja di OPD pun, kedepannya mereka dapat digaji paruh waktu. Itu harapan kami. Apabila selesai masa magang pun dapat menjadi pertimbangan bagi mereka untuk dapat dipekerjakan kembali,” paparnya.

Syafranuddin meyakini IKN akan menjadi ladang pekerjaan bagi seluruh masyarakat maka persiapan keterampilan diperlukan untuk calon pekerja. (adv)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.