ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Poltek Sendawar Buka Jenjang Diploma 4

March 11, 2021 by  
Filed under Daerah

Share this news

SENDAWAR – Politeknik Sendawar Kabupaten Kutai Barat (Kubar) akan membuka jenjang Diploma 4 dan menambah tiga jurusan baru yaitu bidang pertambangan, pertanian dan kesehatan.

“Ini untuk meningkatkan daya saing dalam menyambut perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur,” kata Selvina usai dilantik sebagai Direktur Politeknik Sendawar di Balai Agung Aji Tulur Jejangkat komplek kantor bupati Kubar, Rabu (10/3/2021).

Dikatakan Selvina, Poltek Sendawar harus bisa memainkan perannya sebagai Lembaga Pendidikan yang bisa menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan bisa bersaing di dunia kerja.

“Untuk mencapai visi besar itu kami dari direktorat Poltek Bersama Yayasan Pembangunan Sentawar Sakti (YPSS) selaku pengelola Politekhnik Sentawar (PTS) Polsen akan terus bersinergi dengan pemerintah,” kata Selvina.

Ia menuturkan, dunia usaha dan perguruan tinggi lain di Kaltim yakin jika rencana itu bisa terwujud, maka generasi muda Kubar tidak akan ketinggalan jika IKN pindah ke Kalimantan Timur.
Secara terpisah Ketua YPSS Kornelius Sinyal mengatakan, upaya itu tidak akan berhasil jika Poltek bekerja sendiri, karena itu ia meminta semua pihak bergandeng tangan menyukseskan program kerja dan visi misi yang ditawarkan direktur baru.

Sementara itu Bupati Kubar FX.Yapan yang ikut hadir dalam acara pelantikan dirut baru itu mengapresiasi upaya Poltek dalam menciptakan SDM unggul di Kubar. Jika gagal mempersiapkan SDM maka putra putri daerah bisa-bisa jadi penonton di tanah kelahirannya sendiri.

“Saya yakin kalau SDM kita ini lemah akan menjadi penonton di tanah kelahiran kita sendiri,” ungkapnya.

Ditegaskan Yapan, pemerintah akan mendorong pengembangan Poltek agar lebih maju, mandiri dan berdaya saing. Hanya saja pemerintah belum bisa bantu maksimal lantaran keterbatsan anggaran dan regulasi. Ia berpesan agar selalu menjalin komunikasi yang baik dengan semua pihak.

Poltek Sendawar berdiri sejak 2005 dan jadi satu-satunya perguruan tinggi di Kubar. Saat ini Poltek memiliki 3 jurusan D3 dan sudah terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan RI, yakni administrasi bisnis, mesin otomotif dan teknik sipil. Hingga saat ini Poltek Sendawar sudah menghasilkan 700 lebih alumni dan 8 kali wisuda. (arf)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.