ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Ganti Meter Lama, Perumdam Tirta Kencana Samarinda Gunakan Teknologi Narrowband Internet

April 28, 2023 by  
Filed under PDAM Samarinda

Share this news

SAMARINDA – Perusahaan Daerah Air Minum (Perumdam)  Tirta Kencana Samarinda akan mengganti meter lama dengan smart water meter yang  berisikan teknologi Narrowband Internet of Things (NB-IoT) ditanam dalam alat ukur penggunaan air.

Dirut Perumdam Tirta Kencana Samarinda, Noor Wahid Hasyim

Dalam pemakaian SWM ini. Perumdam  akan bekerja sama dengan Telkom. Pada tahun 2023 secara bertahap akan diganti sebanyak  2.500 meteran pelanggan.

“Dengan teknologi ini, Perumdam tidak lagi menggunakan tenaga manusia sebagai pembaca meteran pelanggan,” kata Direktur Utama Perumdam Tirta Kencana Samarinda Nor Wahid Hasyim, , Kamis (27/4/2023).

Dikatakan,  smart water meter (SWM) sebesar Rp1,6 miliar, Sebanyak 2.500 meteran dikerjasamakan dengan PT Telkom, disamping itu ada juga paket pekerjaan yang sama dikerjakan secara mandiri. Kemudian juga ada paket pekerjaan DMA (Distrik  Meter Area) juga dilaksanakan secara mandiri, tapi mendapatkan pendampingan dari PDAM Kota Malang.

“Teknologi digital dan automatic bertujuan meningkatkan keakuratan layanan ke pelanggan, efisiensi,” ujar Nor Wahid lagi.

Smart Water Meter merupakan bagian dari teknologi Smart Grid yang berfungsi sebagai last mile atau akses pelanggan di mana semua perangkat dan alat terhubung secara online dengan pengelolaan server terpusat. Komponen Smart Water Meter terdiri dari sistem smart meter, sistem komunikasi terintegrasi, dan sistem aplikasi pada server. (adv)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.