ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Wali Kota Samarinda Distribusikan Beras Gratis ke Warga Penerima Manfaat

April 3, 2023 by  
Filed under Samarinda

Share this news

SAMARINDA – Wali Kota Samarinda Andi Harun mendistribusikan beras cadangan pangan Pemkot Samarinda untuk dibagikan kepada masyarakat penerima manfaat.  Pendistribusian perdana dilaksanakan di kantor Camat Samarinda Seberang jalan Bung Tomo, Senin (04/03/2023).

Andi Harun disela menyerahkan secara simbolis beras mengatakan jika penyaluran beras tersebut tujuannya untuk mengendalikan inflasi dan mengintervensi harga beras yang mulai naik di pasar-pasar induk. Sedikitnya, ada sebanyak 269.240 kilogram beras yang nantinya akan didistribusikan secara gratis untuk warga yang tersebar di 10 Kecamatan. Setiap Kepala Keluarga akan mendapatkan jatah 10 Kiligram beras.

Dikatakan, pada bulan Februari pemerintah sudah melakukan langkah operasi beras murah di 59 Kelurahan untuk menekan harga beras yang mulai bergejolak pada waktu itu. Andi Harun beryukur melalui operasi pasar pada akhir Februari harga beras sudah stabil.

“Namum,  memasuki Ramadan tepatnya harga beras kembali bergejolak hingga akhirnya dilakukan operasi beras,” ujar Andi Harun.

Dia menambahkan jika beras yang dibagikan merupakan beras dari cadangan pangan pemerintah (CPP) yang tersimpan di gudang Bulog hingga akhirnya bisa dibagikan secara gratis untuk warga. Beras tersebut tidak setiap saat dikeluarkan. Ketika harga beras mulai stabil, maka akan berjalan normal kembali, warga bisa membelinya di pasar.

Andi Harun juga mengingatkan kepada pedagang agar tidak mencari kesempatan mengambil keuntungan melihat kondisi sekarang, disaat warga sedang sulit. Pemerintah juga berharap warga yang menerima beras ini bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari dan jangan diperjualbelikan kembali. (dw/adv)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.