ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Bedak Dingin yang Mulai Ditinggalkan Wanita

May 25, 2010 by  
Filed under Gaya Hidup

Share this news

vivaborneo.com – Bedak dingin atau yang dalam bahasa Banjar Kalimantan Selatan disebut pupur dingin, ternyata telah digunakan oleh para wanita Kalimantan sejak ratusan tahun silam. Orang Malaysia menyebutnya bedak basah atau sama juga pupur dingin. Kandungan vitamin B dan tiamin yang terdapat dalam beras, sebagai bahan baku utama pembuat bedak ini, mampu mempertahankan kelembaban dan kesegaran kulit disaat matahari siang sangat terik menyengat.Proses pembuatannya sangat sederhana sekali dengan hanya merendam beras yang akan diolah dalam air selama semalam, kemudian air diganti dan direndam lagi selama 24 jam. Setelah beras hancur apabila ditekan, lalu ditiriskan dan diperas hingga airnya benar-benar kering.

Kemudian tepung tersebut dicampur dengan rempah-rempah khas Banjar seperti bangsoye dan babakan (sejenis kayu rempah, dan dihaluskan), serta babanyun untuk aroma segar dan harum. Dapat juga ditambahkan kulit kayu bangkal sebagai pewarna kuning alami dari kulit kayu yang juga dapat membantu proses pengelupasan kulit ari kulit sekaligus pewangi ekstra. Di Malaysia campuran tepung beras tersebut dicampurkan bunga mawar atau bunga tanjung untuk memberi aroma.

Setelah itu campuran tepung beras yang telah berisi rempah-rempah tersebut dibentuk bulat-bulat kecil seukuran biji buah kelengkeng atau batu mutiara. Proses pembentukannya biasanya pada malam hari, kemudian keesokan harinya dijemur dibawah matahari dan ditutupi dengan kain tipis, sehingga pecahnya bola beras ini tidak terjadi.

Kebiasaan memakai bedak dingin ini kini mulai tergeser oleh produk-produk perawatan instan dari pabrik besar. Kelemahan lainnya, jika memakai bedak dingin ini, maka wajah atau tubuh akan terlihat β€œkotor” karena wajah belepotan atau cemong.

Cara pemakaiannya pun sangat praktis, karena butiran bedak dingin ini cukup diletakkan di telpak tangan dan diberi sedikit air untuk menghancurkannya. Satu butir bedak dingin ini dapat dipakai untuk satu bahkan dua orang bila hanya melulurkannya diseputar wajah. Bila memerlukan bedak dingin dalam jumlah besar maka harus menggunakan piring kecil untuk wadah mencampurnya.

Pupur dingin biasanya dipakai di kulit untuk menghindari sengatan matahari apabila akan keluar rumah, atau bila ingin mendapat efek sejuknya. Perempuan-perempuan kampung biasanya banyak yang memakai pupur ini dalam bekerja di ladang.

Dengan banyaknya khasiat dan manfaat bedak dingin ini bagi kulit, kni sudah banyak perusahaan besar yang memproduksi pupur sejenis dengan tambahan beberapa kandungan vitamin dan mineral yang diperlukan kulit. Kini keberadaan bedak dingin ini telah mulai tergantikan dengan berbagai kosmetik yang serba modern, namun tidak aman dan terkadang membahayakan bagi pemakainya.(vb-yul/foto;ist)


Share this news

Respon Pembaca

19 Komentar untuk "Bedak Dingin yang Mulai Ditinggalkan Wanita"

  1. Rini on Tue, 25th Jan 2011 9:30 am 

    Saya baru2 ini membeli bedak dingin berastagi astagina tp apa memang baunya seperti lumpur??saya jadi takut produk ini palsu..

  2. indri on Sun, 6th Feb 2011 5:31 pm 

    Kalau mau beli biasanya dijual dimana? Apa di apotik atau swalayan?

  3. wiwin on Mon, 14th Mar 2011 9:08 pm 

    saya ingin mencari bedak dingin galuh licin cap ibu
    biasanya 1 pak isi 10 bungkus harganya 7000 dulu waktu sy kesamarinda belinya di citraniaga mungkin ada teman yg mau bantu bantu sy hub wiwin 085.850234902 alamat jl sidosermo PDK III Kv 177 sby

  4. rosmawar on Tue, 7th Jun 2011 9:37 pm 

    sya pernah beli. Kali terakhir pakai tahun 2006.. Memang bagus.. Tapi susah mau dapat d malaysia. Kedai jamu cakap…tiada djual lagi

  5. ayu lestari on Thu, 1st Dec 2011 9:36 pm 

    Dimana saya bisa membeli produk bedak dingin yang asli.trimakasih…

  6. NONI on Sat, 7th Jan 2012 7:02 pm 

    apakah itu aman atau memiliki efek samping?

  7. Kiki on Wed, 18th Apr 2012 4:14 pm 

    ni skr gue lg make! tp kok panas???

  8. soaka hakimi on Wed, 23rd May 2012 1:43 pm 

    utk makluman, sy pernah menggunakan produk in..ternyata ia adalah antara produk terbaik pernah sy guna. tp malangnya produk ini tidak dijual lagi ditempat sy (malaysia), menurut toko jamu, xda jual lg. sy berasa sgt sedih kerana sukar mendapatkan produk terbaik ini..sudah lah berkesan serta merta malah tiada kesan sampingan..sangat berkualiti..selama sy menggunakannya, jerawat serta parut pun tiada..halus, bersih, cerah kulit sy setelah sy menggunakan produk ini..wlupun baunya seperti lumpur tp memang berkesan!!! sy SEDIH SANGAT SEBAB SY SUKAR MENDAPATKANNYA LAGI.Sampai termimpi-mimpi sy akan bedak astagina ini..kerana terlalu INGIN MENDAPATKANNYA..BISA BANTU SY BAGAIMANA UNTUK MENDAPATKAN BEDAK INI LAGI? KERANA BYK TEMPAT SUDAH SY CARI MALANGNYA SY TAK JUMPA… πŸ™ TOLONG YA…

  9. Naufal@ on Thu, 24th May 2012 4:23 pm 

    Admin.. maksih ya postingannya..
    buat kamu yang lagi nyari bedak dingin
    saya jual nih..
    bisa COD/ barang diantar untuk Jakarta dan Depok
    ini home industry saya sendiri yang buat, resepnya dari ibu saya, dan harganya pun ngga mahal.
    dijamin top markotop deh
    keterangan lebih lanjut bisa mampir ke toko saya, klok di salah satu link berikut:
    http://kesehatan-dan-kecantikan.tokobagus.com/perawatan-kulit/bedak-dingin-mn-masker-wajah-8379544.html
    http://www.kaskus.us/showthread.php?p=679686609#post679686609

  10. mysha on Fri, 19th Apr 2013 10:16 pm 

    bedak dingin tradisional memang punya manfaat segudang.
    produk2 luar saja (misalnya korea), banyak memakai herbal & mengurangi penggunaan bahan kimia seperti paraben, dll. bedak dingin khas masing2 daerah perlu dilestarikan πŸ™‚

    tfs, gan^^

  11. Intan on Sun, 28th Apr 2013 2:36 pm 

    Saya memakai pupur basah,,,,berkhasiat banget !
    habis dicuci,wajah saya harum dan kenyal kenyol,,,serta lembut ketika dielus,untuk pemutihan mungkin belum terlihat,karena harus teratur memakainya πŸ™‚
    bagi yang ngerasa panas sama bedak ini,,itu wajar,karena dinginnya ketika basah,apa lagi depan kipas angin,,serasa depan kulkas -_-
    kalo dah kering,agak panas,,tapi kulit berasa kenyal kenyol ^^
    i’m happy with pupur basah =_=

  12. Mitcy on Fri, 19th Jul 2013 11:10 am 

    Saya juga menggunakan bedak dingin Berastagi cap Astagina..
    Dan rutin saya gunakan setiap hari, hasilnya bagus..
    Gak cuma diwajah saja, tapi seluruh kulit tubuh saya, hasilnya akan lebih bagus lagi jika digunakan setelah luluran dan mandi.. πŸ™‚
    Kalau ditempat saya kota Bitung, jenis bedak dingin ini banyak di jumpai di hampir semua Apotek. Jadi gak sulit mencarinya… ^_^

  13. yuli on Tue, 21st Jan 2014 11:27 am 

    Bedak khas kalimantan emng luar biasa manpaatnya menghilangkan jerawat dn gatal gatal dn jamur yang susah hilang tp harus rjin jg olesin timun mskeran timun djamin dech kulitnya bgus dan brkwalitas

  14. Mariana on Sat, 31st May 2014 2:02 pm 

    Iya betul banget, pupur dingin tradisional kalimantan memang sungguh berkhasiat, ini saya lagi pakai πŸ™‚ biasa saya pakai produk luar negeri Oriflame.

  15. dhini on Mon, 6th Oct 2014 10:16 pm 

    Saya dari kecil memakai pupur dingin karena pupur dingin warisan dari datu2 ku dbanjar, wlaupun aku tnggal dkota balikpapan aku selalu memakai tiap malam, alhasil tmn2 ku pda nnya aku pke apa bedakx kok wjahku putih n mulus, pdhl aku tiap hari kena panas lho dgn aktivitas ku dluar n aku klo kluar rumah tdak memakai produk apapun yg dgandrungi wanita zaman skrg, aku bngga memakai warisan nenek moyang…

  16. Sahransyah on Mon, 15th Dec 2014 7:01 am 

    emba,,,, hari ini saya coba buat pupur dingin sendiri,,, tapi al hasil malah belepotan dan gak beres,,, heheeheheee saya nyerah emba,,,, kalau boleh untuk wilayah Penajam / Balikpapan, ada gak yang bisa saya temui penjualan produk pupur dingin ini, saya tinggal di Penajam emba,,,, makasih……….

  17. titin on Thu, 12th Mar 2015 12:01 am 

    Selamat malam, malam ini saya baru selesai memakai bedak astagina, dan hasilnya muka saya menjadi merah dan terasa panas, apa itu efek samping dari awal menggunakannya? Atau saya memang tidak cocok dengan bedak ini?

  18. diffat on Fri, 28th Aug 2015 2:09 pm 

    klo aqu sih dibuatin ibu klo cuaca panas pakai bedak dingin rsanya segaaaar meski aromanya gmnaa gitu.. mungkin slh satu manfaat pakai bedak dingin sejak kecil jdi skrng jerawat tdk berthan lama di wajah…hehehe

  19. ina on Sat, 10th Oct 2015 8:43 am 

    Memang walau jadul pupur dingin sangat berkualitas. Saya mmkaix mulai gadis. Eh mlah skrng termkn iklan macam2 produk. Kli wjh skrng gak karuan. Kmbli lgi sya k tempo dulu. Memang wrisn ne2k moyng memng hbat. Bujur kada bengkok jar urng banjar.

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.