ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

DPK Kaltim Targetkan 300 Perpustakaan Terakreditasi

May 4, 2023 by  
Filed under Kalimantan Timur

Share this news

SAMARINDA – Pada tahun 2023, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kalimantan Timur (Kaltim) menargetkan sebanyak 300 perpustakaan dapat memperoleh akreditasi. Saat ini tercatat sudah 220 perpustakaan di Kaltim yang terakreditasi perpustakaan Provinsi Kaltim, perpustakaan umum, perpustakaan khusus dan perpustakaan sekolah.

Kepala Bidang P3KM DPK Kaltim, Taufik, mengungkapkan presentase akreditasi terbesar diraih oleh perpustakaan sekolah.  Terrdapat 197 perpustakaan sekolah yang telah terakreditasi.

Ia mengatakan DPK Kaltim menyambut baik sekolah yang menyadari pentingnya perkembangan perpustakaan di masing-masing sekolah dengan melakukan proses akreditasi. Ia berharap perpustakaan lainnya di Kalimantan Timur dapat mengikuti jejak perpustakaan sekolah.

“Tim assesor atau penilaian akreditasi langsung dari Perpustakaan Nasional, DPK Kaltim membantu untuk pendampingan dan pembinaan,” jelas Taufik.

Ia menegaskan pihak pengelola agar tidak terjun bebas dalam mengelola perpustakaan. Ada standar nasional yang harus dipenuhi oleh perpustakaan.  Diantaranya, komponen koleksi minimal 1.000 judul buku, sarana dan prasarana, tenaga pustakawan serta upaya pembinaannya, layanan perpustakaan, pengelolaan koleksi pustaka, inovasi perpustakaan, nilai Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) dengan rasio buku dan anggota yang memenuhi, hingga tingkat gemar membaca di perpustakaan tersebut setiap tahunnya.

“Sebelum melaksanakan assesmen oleh Perpusnas RI harus dilaksanakan self assement yang dilaksanakan oleh perpustakaan terkait. Hal tersebut membantu pengelola dalam monitor dan evaluasi perpustakaan. Bila, ternyata ditemukan adanya kendala dalam pengelolaan, DPK Kaltim hadir untuk pembinaan pada perpustakaan tersebut,” ungkap Taufik.

Selepas melakuan penilaian secara mandiri, DPK Kaltim akan verifikasi terlebih dahulu hasil penilaian. Akreditasi perpustakaan bertujuan memberikan layanan prima bagi masyarakat guna menciptakan kenyamanan dalam mengakses hingga membaca buku yang diperlukan sesuai kebutuhan masyarakat.(adv-dpk kaltim)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.