ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Penyebaran Covid-19 di Kaltim Masih Tinggi, Jangan Lengah dan Kendor Menerapkan 5 M

May 29, 2021 by  
Filed under Kalimantan Timur

Share this news

SAMARINDA – Penyebaran virus Covid-19 di Kaltim, Update per tanggal 28 Mei 2021 masih menunjukkan angka penyebaran yang tinggi yakni ada penambahan pasien terkonfirmasi Positif Covid-19 sebanyak 68 kasus atau positif rate diangka 25.7 sehingga total terpapar sebanyak 71.224 kasus dan penambahan pasien meninggal sebanyak 3 kasus sehingga total meninggal menjadi 1.711 orang atau menjadi propinsi ke 6 di Indonesia penyumbang angka kematian karena kasus Covid-19.

Walaupun angka pasien Sembuh Covid-19 bertambah sebanyak 110 kasus atau lebih tinggi dari angka kasus terpapar, masyarakat Kaltim diharapkan kangan kendor untuk menjaga kesehatan dan Terhindar dari Covid-19 yaitu dengan menerapkan 5M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan dengan Sabun, Menghindari Kerumunan, Mengurangi Mobilitas).

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid 19 Wiku Adisasmito mengingatkan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk tidak lengah dan harus tegas dalam penanganan di bagian hulu yakni melakukan pengawasan dan penegakan disiplin terhadap penerapan protokol kesehatan 3M dan juga pengawasan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM Mikro).

‚ÄúPemerintah daerah harus lebih serius mengawasi masyarakatnya yang tidak patuh protokol kesehatan. “Ingat, berapapun fasilitas kesehatan dan tempat tidur yang tersedia untuk pasien covid, tidak akan cukup apabila masyarakat tidak disiplin terhadap protokol kesehatan,” katanya.

Namun upaya penanganan pandemi covid-19 di bagian hilir seperti sosialiasi dan himbauan akan pentingnya protokol kesehatan 3 M (memakai masker, mencuci tangan dengan air sabun, menjaga jarak) tidak akan banyak berpengaruh jika penangan di bagian hulu dilaksanakan setengah hati. Dibagian hulu penanganan penerapan dan pengawasan testing, tracing, dan treatment atau 3T harus dilakukan dengan kerja keras dan disiplin tinggi.

Ditempat terpisah, Gubernur Kaltim Isran Noor yang meminta masyarakat Kaltim, agar tetap patuh dan tidak kendor dalam menerapkan protokol kesehatan. “Sekali lagi saya sampaikan kepada semua pihak dan tidak bosan-bosannya saya sampaikan tetap jaga protokol kesehatan dengan disiplin dan taat,” ujarnya.

Adanya vaksinasi, jangan membuat kita kendor dalam penerapan protokol kesehatan dan pelaksanaan vaksinasi harus diimbangi dengan kepatuhan terhadap protokol kesehatan, agar perekonomian rakyat kembali pulih dan berjalan dengan baik.

Jangan Kendor Untuk Sehat dan Terhindar dari Covid-19 yaitu dengan menerapkan 5M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan dengan Sabun, Menghindari Kerumunan, Mengurangi Mobilitas) & 3T (Testing, Tracing, Treatment) & Vaksinasi. (hel)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.