ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Perpustakaan Balikpapan Koleksi Karya Penulis Lokal

May 25, 2023 by  
Filed under Balikpapan

Share this news

BALIKPAPAN– Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispustakar) Kota Balikpapan di Jalan Kapten Piere Tendean, Telaga Sari, Balikpapan Kota, memberikan ruang bagi penulis lokal untuk menampilkan karya-karyanya.

Kabid Perpustakaan Balikpapan, Kartini mengatakan, sejauh ini dari ratusan koleksi judul buku yang tersedia di Perpustakaan Daerah Balikpapan, 434 exampler diantaranya hasil karya-karya penulis daerah atau lokal.

“Penulis lokal ada, jumlahnya ada 434 eksemplar. Jadi penulis lokal memang sering masukkan bukunya ke sini. Kita juga banyak melakukan kerjasama dengan para penulis lokal,” kata Kartini.

Selain dari masyarakat umum, sekolah-sekolah sebut Kartini juga kerap menyerahkan hasil karyanya. Salah satunya adalah SMAN 2 Balikpapan.

“SMAN 2 itu sering menyerahkan hasil karyanya ke Perpustakaan. Mereka adakan pelatihan menulis, kemudian karyanya disimpan di sini,” ungkap wanita berjilbab itu.

Kartini melanjutkan, Perpustakaan Daerah Balikpapan memberikan kesempatan alias tidak menutup pintu bagi penulis lokal untuk menampilkan karya-karya terbaiknya. “Silahkan serahkan hasil karyanya dengan datang langsung ke Perpustakaan, nanti diseleksi apakah layak untuk dikonsumsi masyarakat atau hanya disimpan saja. Bisa juga diupload karyanya di wepnya Perpustakaan Nasional, tentu ada proses seleksi juga di sana,” pungkasnya.

Untuk diketahui, koleksi buku yang tersedia di Perpustakaan Daerah Balikpapan saat ini mencapai 126 ribu judul untuk semua disiplin ilmu. Koleksi buku tersebut tersedia dalam bentuk fisik dan juga digital atau E-book.

Rinciannya bentuk fisik 108 ribu judul, sementara untuk yang E-book jumlah koleksi bukunya mencapai 18 ribu judul.(adv-dpk kaltim)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.