ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Dispustakar Balikpapan Ajak Masyarakat Lakukan Donasi Buku

June 5, 2023 by  
Filed under Balikpapan

Share this news

Staf Perpustakaan, Herman menyerahkan SikuMas kepada perwakilan dari SMP N 19 Lamaru.(ist)

BALIKPAPAN – Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispustakar) Kota Balikpapan terus bergerak melakukan program Donasi Buku Masyarakat (SiKuMas). SiKuMas ini merupakan gerakan mendonasikan buku layak baca yang dilakukan masyarakat melalui Dispustakar Balikpapan.

Kepala Dispustakar Balikpapan Elvin Junaidi mengatakan buku-buku hasil donasi akan dikelola oleh Dispustakar Balikpapan untuk kemudian disalurkan kembali kepada masyarakat.

“Pojok baca, taman baca, perpustakaan sekolah, dan kelurahan merupakan beberapa zona tempat SiKuMas berlabuh,” ucap Elvin di kantonrya.

Menurutnya SiKuMas mulai digencarkan Dispustakar Balikpapan sejak tahun 2019. Mulanya, SiKuMas dikenal dengan istilah Bank Buku yang diluncurkan sekitar tahun 2016. Perkembangan SiKuMas menunjukkan grafik yang menarik. Terbukti dengan agenda SiKuMas yang berlangsung di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan, Kamis dan Jumat (4-5 Mei 2023) lalu.

Dispustakar Balikpapan berhasil menyalurkan buku-buku bacaan yang berhasil dihimpun dari Bank Buku kepada lima sekolah dan satu perpustakaan kelurahan. Akseptor tersebut adalah SD IT Al Auliya 1 dan 2, SMP N 19 Lamaru, SMP N 10 Balikpapan Timur, MTs N 1 Balikpapan, dan Perpustakaan Kelurahan Margasari.

Ada berbagai cara untuk berpartisipasi pada kegiatan SiKuMas. Sahabat Dispustakar dapat mendonasikan buku secara langsung kepada petugas di kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan atau melalui Bank Buku yang tersedia di empat titik yaitu Bank Buku di Bagian Umum Pemkot Balikpapan, Bank Buku di Kecamatan Balikpapan Kota, Bank Buku di Kecamatan Balikpapan Utara, dan Bank Buku di Kecamatan Balikpapan Tengah.

“Berbagai jenis buku bisa Sahabat Dispustakar donasikan kecuali buku pelajaran sekolah. Ayo tunggu apalagi segera donasikan buku-bukunya. SiKuMas dari Masyarakat untuk Masyarakat!” seru Elvin.(adv-dpk kaltim)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.