ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Lomba Desa dan Kelurahan Masuk Tahap Penetapan 3 Besar

June 6, 2023 by  
Filed under Kalimantan Timur

Share this news

SAMARINDA – Lomba Desa dan Kelurahan (Lomdeskel) tingkat Provinsi Kaltim tahun 2023 masuk tahap penetapan 3 besar. Mereka yang lolos tahap seleksi administrasi masing-masing kategori desa dan kategori kelurahan akan berlanjut mengikuti tahap pemaparan calon juara.

“Tim sudah metetapkan 3 besar sesuai jadwal tahapan lomba Pengumumamn Hasil Administrasi pada Senin 5 Juni 2023 kita umumkan,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim Anwar Sanusi selaku Ketua Tim Penilai Lomdeskel Tingkat Provinsi Kaltim 2023 didampingi Kabid Pemdeskel Dakwan Diny, Selasa (6/6/2023).

Penetapan desa dan kelurahan yang masuk tiga besar berdasarkan kelengkapan dan kerapian berkas yang diserahkan kabupaten/kota kepada Tim Penilai.

Penilaian dimaksud mulai dari pemenuhan persyaratan kelengkapan persyaratan wajib yang ditetapkan. Termasuk persyaratan bidang pemerintahan, bidang kewilayahan, bidang kemasyarakatan, dan dokumen lainnya ditambah inovasi dan e-government.

Pada Lomdeskel 2023 yang menjadi syarat wajib dan penekanan yaitu keterisian atau update prodeskel dan evdesel terbanyak di kabupaten/kota. Juga Perbub atau Perwali batas desa dan kelurahan.

Dakwan berharap mereka yang lolos tiga besar bisa mempersiapkan diri mengikuti tahapan pemaparan yang akan diagendakan 14 juni untuk desa dan 15 juni untuk kelurahan. Sebab tahapan  ini menjadi penentu desa dan kelorahan juara Lomdeskel tahun 2023.

Pada tahapan pemaparan, kepala desa dan lurah wajib menghadirkan Ketua Tim Penggerak PKK Desa/Kelurahan, Ketua LPM, Ketua BPD, Camat beserta Ketua TP PKK Kecamatan, serta  pejabat pendamping kabupaten/kota, dan perwakilan CSR jika ada.

“Setelah tahapan pemaparan. Tim langsung menetapkan juara satu, dua, dan tiga. Terbaik satu kategori desa dan kategori kelurahan akan diikutkan Lomdeskel tingkat Nasional Regional III tahun 2023,” sebutnya.

Tiga besar lomba desa diurut berdasarkan abjat nama desa mulai dari Kampung Labanan Makarti, Kecamatan Teluk Bayur, Kabupaten Berau, Kampung Penawai, Kecamatan Bongan, Kabupaten Kutai Barat, dan Desa Solo Palai, Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Sedangkan tiga besar lomba kelurahan diurut berdasarkan abjat nama kelurahan mulai dari Kelurahan Gunung Elai, Kecamatan Bontang Utara, Kota Bontang, Kelurahan Karang Rejo, Kecamatan Balikpapan Tengah, Kota Balikpapan, dan Kelurahan Panji, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara.(AM)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.