ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Pameran Kearsipan Ramai Dikunjungi Masyarakat

June 11, 2023 by  
Filed under Kalimantan Timur

Share this news

SAMARINDA – Pameran Kearsipan yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim bersama DPK Kota Samarinda di Atrium Big Mall Samarinda ramai dikunjungi masyarakat.

Pameran yang menampilkan arsip-arsip berbentuk foto sejarah Kalimantan Timur dan Samarinda disusun rapi. Masyarakat beberapa kali hilir mudik melihat-lihat “Kisah” Kalimantan Timur dalam arsip.

Beberapa momentum seperti pelantikan Aji Pangeran Tumenggung Pranoto sebagai Gubernur pertama di Kaltim pada tahun 1957 hingga momentum penetapan ibu kota Nusantara pada 7 Mei 2019 dan proses penyatuan tanah dan air di titik nol IKN pada 14 Maret 2022 ditampilkan pada pameran yang berlangsung 10 Juni 2023 tersebut..

Selain pameran kearsipan acara juga diisi Seminar Gerakan Kearsipan dengan menghadirkan narasumber Rudi Anton selaku Direktur Kearsipan Wilayah I ANRI dan Talkshow Sejarah “Citra Kota Samarinda dalam Arsip” dengan narasumber M. Sarip, Sejarawan dan dipandu oleh moderator Talitha Aufa Nabila, selaku Putri Indonesia Intelegensia Kaltim 2023.

Kepala DPK Kaltim, Muhammad Syafranuddin berharap agenda yang digelar di tempat keramaian publik tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesadaran tertib arsip dan mengingatkan masyarakat akan pentingnya arsip yang mampu merawat sejarah sehingga menjadi momentum yang tak lekang oleh waktu.

“Pameran kearsipan ini baru pertama kali dilaksanakan di tempat keramaian publik. Atensi yang luar biasa dari masyarakat melihat sejarah berbentuk arsip,” jelas Syafranuddin.

Dikatakan, kearsipan merupakan hal terpenting dalam landasan hukum untuk bertindak dan berproses. Arsip merupakan dokumen yang tak terbantahkan. Melalui pameran ini membuktikan bahwa peran arsip tidak hanya edukasi melainkan rekreasi, referensi, hingga seni. (adv-dpk kaltim)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.