ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Peserta Perayaan Waisak Membludak, Panitia Lakukan Pembatasan

June 4, 2023 by  
Filed under Religi, Sosial & Budaya

Share this news

MAGELANG– Pelaksaan peringatan detik-detik Hari Raya Waisak  2567 BE 2023 diwarnai dengan aksi dorong mendorong peserta di pintu masuk zona satu menuju lokasi. Panitia akhirnya membatasi peserta memasuki kawasan candi, Minggu ( 4/5/2023 ).

Dorong mendorong berawal ketika iring-iringan prosesi dari Candi Mendut yang berjalan sepanjang 3 Kilometer memasuki pintu masuk zona satu Candi Borobudur. Diperkirakan, jumlah peserta yang diperkirakan mencapai 15 ribu.

Sebelumnya panitia sudah menyiapkan 4 macam IF Card yaitu ID Card peserta, panitia, pendukung dan pers pendukung.

“Kami juga bingung yang dipakai itu tanda seperti apa kok semua tidak boleh masuk, menunggu rombongan prosesi, terus terang itu kewenangan panitia,” ungkap salah satu  petugas keamanan berseragam.

Akibatnya, jumlah peserta semakin banyak berdatangan dari berbagai daerah seperti Bogor, Jakarta, Tangerang, Yogja, Sragen, Malang dan Semarang.

“Saya bersama rombongan dari Tangerang datang kesini dalam rangka melaksanakan ibadah merayakan Waisak bukan hura- hura justru malah dipersulit seperti ini,” ungkap Dedi asal Tangerang dengan nada emosi.

Ruri dari Taman Wisata Candi (TWC) Borubodur menjelaskan, sebenarnya panitia sudah mengantisipasi membludaknya peserta dengan menyediakan sarana LED untuk mengikuti jalannya peringatan hari raya Waisak 2023 melalui visual di Lapangan Marga Utama Candi Borobudur zona nol.

“Namun, malah banyak yang ingin mengikuti acara di Candi, padahal ada pembatasan jumlah peserta maksimal 4.300 peserta, demi keamanan Candi sedangkan yang hadir sekitar 15 ribu. Demi keselamatan Candi maka kami lakukan pembatasan ” ungkap Ruri.

Disebutkan, jalannya upacara peringatan hari raya Waisak lancar dan peserta yang tidak bisa masuk menyadari,akhirnya banyak yang rela berteduh dibawah pohon sambil.mengikuti melalui pengeras suara. (Buang Supeno)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.