ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Dinas Pariwisata Jadikan Kaltim Fest2023 Sebagai Destinasi MICE

July 7, 2023 by  
Filed under Kalimantan Timur

Share this news

Ahmad Herwansyah

SAMARINDA – Kaltim Festival atau Kaltim Fest 2023 sebagai langkah nyata Dinas Pariwisata Kaltim untuk menjadikan Kalimantan Timur sebagai destinasi MICE (meetings/pertemuan, incentives/insentif, conventions/konvensi dan exhibitions/pameran)

“Destinasi itu harus ada event didalamnya,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kaltim Ahmad Herwansyah saat press conference Kaltim Fest 2023 di Yen’s Delight Juanda Samarinda, Kamis (6/7/2023).

Dikatakan, keberadaan Kaltim yang sudah ditetapkan sebagai  ibu kota negara baru RI, Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadikan daerah ini harus mampu menyediakan sarana dan fasilitas yang refresentatif untuk kegiatan MICE. Karenanya, infrastruktur, perhotelan, tempat-tempat acara, serta fasilitas berkaitan kegiatan MICE harus dibangun dan dipersiapkan sejak awal.

“Saat ini saja, tidak hanya masyarakat luar Kaltim yang datang kesini. Tapi orang-orang luar negeri pun sangat ingin ke tempat kita,” urainya.

Karenanya, kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif serta seni dan budaya menjadi bagian dari mendukung MICE, begitu pula sebaliknya.

Kegiatan MICE  merupakan salah satu pendorong utama pengembangan destinasi pariwisata, juga penghasil pendapatan bagi masyarakat lokal, menciptakan lapangan kerja, bahkan pendorong berkembangnya investasi asing.

“Kaltim Fest atau pun event-event lainnya, kita harus membiasakan diri dengan event-event besar itu,” tegasnya.

Khusus Kaltim Fest2023 selain menggabung tiga event festival besar, juga kali ini akan dihadiri dan diikuti delegasi negara-negara anggota OKI (Organisasi Kerja Sama Islam), yakni Organization Islamic Cooperation Culture Activity (OICCA).

“Event kita akan dihadiri peserta anggota OICCA atau delegasi negara-negara anggota OKI, ada Turki, Uganda, Arab Saudi dan puluhan negara Islam lainnya,” jelasnya.

Event Kaltim Fest 2023 yang digelar selama 9 hari (7-15 Juli) dibagi beberapa tema, seperti exhibition (pameran), talkshow/workshop Ekraf, konser artis lokal dan nasional, fashion show tingkat lokal dan nasional, competition (lomba), serta pentas seni daerah dan modern.

“Kaltim Festival 2023 dengan nama branding Kaltim Fest 2023 merupakan kegiatan yang didalamnya ada Festival Kemilau, Kaltim Dance dan Pekan Kreatif Kalimantan Timur,” pungkasnya. (mas)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.