ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Gubernur Kaltim Ingatkan Perusahaan Alokasikan CSR Bangun Rumah Layak Huni

July 4, 2023 by  
Filed under Kalimantan Timur

Share this news

TABANG – Gubernur  Kaltim  Isran Noor meminta perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Kaltim mengalokasikan dana CSR mereka untuk membantu pemerintah membangun rumah layak huni untuk masyarakat kurang mampu.

Seruan itu disampaikan Gubernur Isran Noor ketika secara simbolis menyerahkan bantuan rehabilitasi rumah layak huni di Desa Kelekat, Kecamatan Tabang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Senin (3/7/2023).

“Perusahaan yang beroperasi di Kaltim, tolong dong dana CSR-nya.  Kita bukan minta uangnya, tapi dana CSR untuk bangun rumah layak huni,”  kata Gubernur Isran Noor.

Bukan hanya perusahaan-perusahaan tambang batu bara dan migas, perusahaan lain yang memiliki keuntungan besar dari bisnis mereka di Kaltim menurut Gubernur wajib mengalokasikan dana CSR. Salah satunya untuk membangun rumah layak huni.

Gubernur lantas menyebut salah satu bank pemerintah nasional yang memiliki banyak keuntungan di Kaltim.

“BPD yang masih kecil saja bisa membangun 50 unit. Mereka belum ada,” sindir Gubernur.

“Makanya saya salut dengan Bayan Group. Banyak bantuannya. Ada rumah layak huni, ada jalan, ada jembatan, pendidikan dan masih banyak yang lainnya,” tambah Gubernur.

Kepala Badan Pengelola Rumah Layak Huni (BPRLH) M Taufik Fauzi mengungkapkan secara keseluruhan dari tahun 2022 hingga 2024 Pemprov Kaltim bekerja sama dengan Kodam VI Mulawarman akan membangun sebanyak 508 unit rumah layak huni dari dana CSR. Tiap rumah layak huni dibangun dengan anggaran Rp115 juta.

“Tahun 2022 sudah terbangun 221 unit rumah layak huni di delapan kabupaten dan kota. Tahun 2023 sudah terbangun 27 unit,” ungkap Taufik.

Tahun ini secara keseluruhan akan dibangun sebanyak 90 unit rumah layak huni.

“Kita harapkan tahun 2024  target 508 unit rumah layak huni tercapai. Termasuk di Berau dan Mahakam Ulu,”  harap Taufik. (sam)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.