ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Kejari Paser Gelar Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum Tingkat Kabupaten Tahun 2023

July 4, 2023 by  
Filed under Daerah

Share this news

PASER  – Kejaksaan Negeri (Kejari) Paser bekerjasama dengan Kejati Kaltim,Disdikbud Kaltim menggelar kegiatan pemilihan duta pelajar sadar hukum jenjang SMA sederajat tingkat Kabupaten Paser tahun 2023, di Ballroom Hotel Kryad Sadurengas, Selasa (4/7/2023).

Perlombaan duta pelajar sadar hukum itu dibuka Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalimantan Timur (Kaltim) Hari Setiyono yang diwakilkan Asisten Intelijen Kejati Kaltim I Ketut Kasna Dedi, SH, MH.

Ketut Kasna Dedi mengatakan, program ini merupakan program inovasi yang dilakukan Kejati bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim. Dengan tujuan meningkatkan pemahaman para pelajar tentang hukum.

“Program ini satu-satunya dan hanya Provinsi Kaltim yang melaksanakan dan sudah terlaksana selama empat tahun,” ucap Ketut Kasna Dedi seperti dilansir agresifnews.co (group vivaborneo.com)

Duta pelajar sadar hukum ini dilaksanakan dengan harapan bisa menumbuhkan perilaku pelajar yang tertib dan taat hukum. Kemudian para pelajar bisa menularkan perilaku ini kepada kerabatnya disekolah dan lingkungan keluarganya.

Kepala Kejari Paser Rajendra D Wiritanaya, Asisten Intelijen Kejati Kaltim I Ketut Kasna Dedi, Kasi Penkum Kajati Kaltim Toni Yuswanto, dan Staf Disdikbud Kaltim Sugianto saat menyampaikan keterangan pers.

“Duta pelajar ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan pemahaman tentang hukum sejak dini untuk para pelajar tingkat SMA,” ujarnya.

Ketut Kasna Dedi berharap provinsi lainnya bisa melaksanakan kegiatan serupa sehingga seleksi duta pelajar sadar hukum bisa mencapai tingkat nasional.

Ditempat yang sama, Kasubbag TU Cabang Dinas Wilayah V Muchlison yang mewakili Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim menyampaikan, bahwa banyak fenomena pelanggaran hukum yang dilakukan pelajar. Sehingga bisa menurunkan kualitas para penerus bangsa.

“Banyak pelanggaran yang dilakukan para pelajar. Seperti geng motor, pelanggaran lalulintas, tawuran, dan narkoba,” kata Muchlison.

Dengan begitu, program pembinaan sadar hukum ini sangat penting dilakukan. Sebab bisa membentuk karakter para pelajar menjadi jujur, tanggung jawab, disiplin, toleransi, peduli dengan lingkungan dan sosial, serta lebih bijak dalam berbagai hal.

Sementara itu, Kepala Kejari Kabupaten Paser Rajendra D Wiritanaya mengatakan, antusias para pelajar di Kabupaten Paser sangat tinggi, sampai ada yang membuat podcast dan juga konsultasi hukum.

Antusias para pelajar juga dibuktikan dengan raihan juara 2 dan 3 pada seleksi duta pelajar tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) pada tahun 2022 lalu. Hal ini tak terlepas dari upaya pihak Kejari Kabupaten Paser untuk membangkitkan kesadaran hukum bagi para pelajar.

“Kami terus berupaya meningkatkan program jaksa masuk sekolah hingga ke pelosok desa. Untuk bisa membangkitkan akan kesadaran hukum, serta untuk merubah menset agar masyarakt tak takut lagi untuk datang ke kantor kejaksaaan untuk konsultasi,” jelasnya.

Pemilihan duta pelajar sadar hukum diikuti oleh 50 tim. Kemudian diseleksi dan hanya 10 tim yang berhasil lolos untuk seleksi tingkat Kabupaten. Seleksi tahap ini menghasilkan juara 1, 2, dan 3, yang nantinya bakal masuk seleksi tingkat provinsi. (fi)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.