ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Navigate to The MAX : Tour de Sumatera

July 14, 2023 by  
Filed under Gaya Hidup

Share this news

Jakarta – Perjalanan touring jarak jauh Navigate to The MAX : Tour de Sumatera yang menjadi ajang eksplorasi keindahan alam dan budaya tanah Sumatera menggunakan skutik XMAX Connected telah berakhir. Setidaknya, sebanyak lebih dari 50 biker yang terdiri dari awak media dan para komunitas lokal Maxi Yamaha ikut berpartisipasi menyukseskan touring estafet dari Sabang, Aceh hingga Lampung sejauh lebih dari 1.800 kilometer.

Dalam rangkaian touring lintas Sumatera tersebut, generasi terbaru XMAX Connected mampu menunjukan kualitasnya sebagai skutik terbaik untuk kebutuhan hobi mobilitas jarak jauh. Pasalnya setelah digeber ribuan kilometer melintasi 5 provinsi dan 20 kota dengan kondisi medan jalan yang ekstrem dan suhu cuaca yang berbeda-beda, skutik ini tidak hanya terbukti kuat serta tangguh, namun juga memberikan sensasi berkendara di level tertinggi bagi para penggunanya.

Dan berdasarkan penuturan para peserta, terdapat beberapa fitur pada motor yang dinilai memainkan peran penting dalam menghadirkan pengalaman berkendara yang berkualitas tersebut. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Darwis Sitorus, anggota komunitas yang ikut dalam perjalanan touring pertama dengan rute eksplorasi Aceh – Medan sejauh 800 kilometer.

“Saya bisa katakan kalo XMAX Connected adalah skutik terbaik untuk touring, saya sudah buktikan saat riding dari Sabang ke Medan dengan kondisi jalan yang ekstrem. Dari segi fitur, sistem navigasi sangat berguna sekali untuk mencari jalur, terutama di wilayah pesisir pantai Aceh Selatan menuju Suso yang minim petunjuk arah. Selain itu handling motor dan tarikannya juga enak, untuk bermanuver menanjak jalur pegunungan di Tapak Tuan dan bukit pinggiran danau Toba yang berkelok-kelok motorrasanya  tetap responsif dan bertanaga. Dan yang paling saya suka dari motor ini bagasinya besar. Touring lima hari, semua tas dan perlengkapan riding bisa masuk kedalam bagasi. Tangkinya yang besar juga sangat membantu, karena kita sempat lewat jalan yang minim sekali pom bensin,” jelasnya.

Lantas fitur-fitur apa saja yang membuat XMAX Connected begitu superior dan andal untuk kebutuhan touring jarak jauh. Berdasarkan penuturan para peserta yang menjalani ekplorasi Navigate to The Max : Tour de Sumatera, berikut adalah ulasannya.

  1. Sistem Navigasi

Salah satu fitur terbaru pada XMAX Connected yang dinilai sangat membantu para peserta touring dalam menjelajah jalur lintas Sumatera adalah sistem Navigasi. Memanfaatkan aplikasi Garmin Street Cross, para peserta dapat mengandalkan peta digital yang tampil di layar TFT Infotainment selama berkendara menuju lokasi yang ingin dituju. Tercatat selama eksplorasi perjalanan di wilayah Aceh, Sumut, Sumbar, Sumsel dan Lampung para peserta touring selalu memanfaatkan fitur ini sebagai petunjuk arah.

  1. TFT Infotainment & Y-Connect

Selain fungsi navigasi, kehadiran sistem TFT Infotainment Display yang terhubung dengan aplikasi Y-Connect juga dinilai sangat membantu pengendara ketika melakukan perjalanan jarak jauh. Hal tersebut dikarenakan, kedua fitur tersebut memungkinkan pengguna motor dapat mengakses informasi seperti perkiraan cuaca, kondisi sepeda motor, data berkendara, hingga notifikasi telepon dan pesan masuk yang tentunya akan sangat berguna bagi pengendara dalam mengatur manajemen perjalanan mereka. Tidak hanya itu, pengaturan untuk memainkan musik favorit juga dapat dilakukan melalui fitur TFT Infotainment sehingga dapat menghibur para peserta touring selama di perjalanan.

  1. Posisi Berkendara Rileks

Keunggulan lain pada XMAX Connected yang sangat dirasakan selama touring adalah posisi berkendara yang super nyaman. Sama seperti generasi pendahulunya, XMAX Connected masih menyajikan posisi kaki yang rileks dengan area pijakan yang sangat luas serta posisi duduk yang sangat ergonomis.

Dengan keunggulan itu, hampir seluruh peserta mengaku terbantu karena fisik mereka tidak mudah pegal dan lelah ketika harus riding selama berjam-jam menempuh jarak ratusan kilometer di setiap daerah Sumatera yang dieksplorasi. Selain itu, handling XMAX ternyar juga dinilai lebih rigid dan stabil sehingga para peserta semakin percaya diri ketika bermanuver keluar-masuk tikungan.

  1. Kapasitas Bagasi & Tangki Bensin yang Besar

Salah satu fitur pendukung aktivitas touring lainnya yang terdapat pada XMAX Connected adalah kapasitas bagasi dan tangki yang besar. Selama kegiatan touring, para peserta sangat mengandalkan bagasi sebesar 44.9 liter untuk menaruh berbagai alat perlengkapan riding seperti jas hujan, baju ganti, dan juga perlengkapan lainnya.

Kapasitas tangki yang mencapai 13 liter juga mampu memberika daya jelajah yang sangat jauh, bahkan pada touring yang digelar di wilayah Sunbar dan Lampung, ada beberapa peserta yang mengaku hanya cukup sekali isi full tank untuk menempuh seluruh destinasi perjalanan yang berjarak ratusan kilometer tersebut.

  1. Mesin BLUE CORE 250cc

Pada sektor jantung pacu, XMAX Connected mengandalkan mesin BLUE CORE berkapasitas 250cc yang dilengkapi dengan Liquid Cooled, SOHC, 4 Valves yang telah terbukti handal dan kuat dalam menghadapi berbagai kondisi jalan. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 16,8kW / 7.000 rpm dan torsi maksimal sebesar 24,3 Nm / 5.500 rpm sehingga menyajikan akselerasi yang lebih baik ketika berkendara.

Tercatat selama melibas jalur pegunungan dan pantai di Aceh, Sumut, Sumbar, Sumsel dan Lampung sejauh 1.800 kilometer, XMAX Connected mampu melewatinya tanpa kendala dan tarikan motor tetap terasa responsif meskipun digunakan secara tandem riding dengan bagasi yang juga terisi penuh sekalipun.


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.