ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Pemprov Kaltim Dukung Pengembangan UMKM Potensial Ekspor

July 5, 2023 by  
Filed under Kalimantan Timur

Share this news

SAMARINDA – Staf Ahli Gubernur Bidang I Politik, Hukum dan Keamanan Provinsi Kaltim Ririn Sari Dewi mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) mendukung pengembangan UMKM potensial ekspor di Kaltim dan peningkatan awarenes areness serta pengetahuan pelaku usaha di daerah mengenai perkembangan kebijakan ekspor.

“Produk lokal memiliki peran penting dalam meningkatkan daya saing dan posisi di Internasinal,” kata Ririrn saat mewakili Gubernur Kaltim saat acara Seminar Terbuka Export Kaltimpreneurs 2023 di Aula Maratua BI Kaltim, Selasa (4/7/2023).

Dia mengungkapkan kegiatan ini tidak hanya memberikan kesempatan untuk bertukar pikiran dan pengetahuan tetapi menghadirkan kesempatan emas bagi UMKM potensial eksport di Kaltim. Globalisasi yang semakin berkembang perdagangan internasional menjadi motor utama perekonokian suatu negara.

“Tema Menakar Peluang Ekspor Produk Lokal di Pasar Internasional sangat relevan dan menarik untuk di diskusikan,”ucapnya dilansir dari diskominfokaltim.

Sementara Plh. Kepala Perwakilan BI Kaltim Hendik Sudaryanto mengungkapkan, UMKM sangat diharapkan kontribusinya untuk memperkuat struktur perekonomian Kaltim sehingga lebih berdaya tahan dan tidak bergantung pada perubahan pola harga komoditas.

BI Kaltim menyusun program komprehensif bagi UMKM di Kaltim yang sudah memiliki kapasitas yang baik untuk naik kelas menuju Go Ekspor melalui rangkaian program Export Kaltimpreneurs.

Export Kaltimpreneurs merupakan program edukasi, pelatihan dan pendampingan secara komprehensif kepada UMKM yang memiliki potensi ekspor di Provinsi Kalimantan Timur untuk dapat meningkatkan kapasitas kualitas dan kuantitas UMKM dalam melaksanakan ekspor.(At)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.