ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Dinkes Sosialisasi Penerapan K3 Perkantoran

September 23, 2022 by  
Filed under Samarinda

Share this news

SAMARINDA – Pemerintah Kota Samarinda melalui Dinas Kesehatan yang berkolaborasi bersama Forum Kota Sehat (Forkots) Samarinda melakukan sosialisasi penerapan program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) bagi Perkantoran.

“K3 Perkantoran adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi keselamatan dan kesehatan karyawan melalui upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja di perkantoran,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Samarinda Hero Mardanus Satyawan mewakili Wali Kota Samarinda saat membuka acara di ruang rapat Karangasan, Balaikota Samarinda, Kamis (22/9/2022).

Menurutnya kesehatan kerja merupakan bagian dari kesehatan masyarakat yang berkaitan dengan semua pekerjaan yang berhubungan dengan faktor potensial yang mempengaruhi kesehatan pekerja (dalam hal ini karyawan atau pegawai).

“Kesehatan masyarakat pekerja ini perlu diperhatikan, karena dapat menimbulkan gangguan tingkat praduktifitas. Dan kesehatan masyarakat pekerja tersebut dapat timbul akibat pekerjaannya, atau stress akibat pekerjaan,” tegasnya.

Dikatakan Hero, untuk meminimalisir timbulnya gangguan kesehatan masyarakat pekerja tersebut dirinya mengimbau seluruh Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Samarinda  terus meningkatkan perlindungan bagi keselamatan dan kesehatan pegawai.

Ia mengajak aspek keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dijadikan sebagai isu penting di tengah dinamika era digitalisasi ini.

“Jangan sampai era digitalisasi justru menjadikan hak-hak pekerja dan kesejahteraannya tergerus. Hak-hak pegawai harus selalu menjadi pertimbangan utama dalam menerapkan sistem kerja di perkantoran. Saya yakin dengan meningkatkan investasi K3. Maka semua perkantoran di Kota Samarinda akan menghasilkan kinerja dan produktivitas yang lebih baik,” tandasnya.

Sebelumnya, mewakili kepala Dinkes Samarinda, Sekretaris Dinkes Samarinda dr Irama Fitamina Madjid menjabarkan peningkatan kesehatan kerja di perkantoran meliputi peningkatan pengetahuan kesehatan kerja bagi karyawan, pembudayaan perilaku hidup bersih sehat (PHBS) di tempat kerja, penyediaan ruang ASI, pembudayaan gerakan masyarakat (Germas) melalui aktifitas fisik, dan pemulihan kesehatan karyawan di perkantoran.

Irama menyampaikan, Dinkes sebagai tim pembina akan menggandeng Forkots untuk bersama menindaklanjuti kegiatan ini dengan melakukan pendataan K3 perkantoran ke beberapa kantor yang menjadi prioritas tahun ini.

”Secepatnya pula, Dinkes bersama beberapa OPD akan melakukan test kebugaran dan cek kesehatan kepada ASN dan Non ASN di lingkungan pemerintah kota Samarinda. Melalui inovasi SIPESEK (Skrining pemeriksanaan kesehatan , psikologi dan tes kebugaran,” pungkas Irama yang didampingi ketua harian Forkots Samarinda drg Nina Endang Rahayu.

Adapun materi tentang K3 Perkantoran dalam kegiatan itu disampaikan dr Putri Tresnasari Sp.Ok.(dw/adv)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.