ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

PT EMP Semberah Berhasil Kembangkan Budidaya Pisang Rutai

September 2, 2013 by  
Filed under Agrobisnis

Share this news

SAMARINDA – vivaborneo.com, Pisang Rutai adalah salah satu jenis pisang lokal khas Kutai, Kalimantan Timur.  Konon kabarnya Pisang Rutai adalah pisang yang menjadi buah suguhan diatas meja makan para Raja Raja Kutai dan tamu tamu kerajaan sehingga dinamakan Pisang Rutai atau Pisang Raja Raja Kutai.

Pisang Rutai umumnya dahulu tumbuh di Kabupaten Kutai,  Kota Samarinda dan sekitarnya. Pisang jenis ini tidak banyak orang mengetahui bahkan dianggap sudah punah.  Buah Pisang Rutai ukurannya lebih kecil dari buah pisang yang umumnya kita jumpai. Rasanyapun lebih enak dan wangi aromanya bahkan kaya akan vitamin. Sehingga sangat pas jika kini disajikan diatas meja sebagai santapan pembuka sebelum makan.

Namun jenis Pisang Rutai ini termasuk langka di temukan di pasar-pasar tradisional kalaupun ada, harganya lumayan mahal, sekitar Rp 20 ribu per sisir. Tidak banyak petani yang mengusahakan Pisang Rutai, disamping bibitnya yang sulit ditemukan (tumbuh dihutan),  umur tanaman hingga berproduksinyapun cukup lama sekitar 1,5 tahun baru belajar berbuah dan umumnya dalam satu pohon hanya ada 1 tandan pisang.

Agar tanaman buah lokal khas Kutai Kaltim yang langka ini tidak punah, maka sebagai bentuk tanggungjawab perusahaan terhadap perlindungan lingkungan, TAC Pertamina – PT. EMP Semberah (Semco)  sejak tahun 2011 lalu mencoba mengembangkan budidaya Pisang Rutai di lahan seluas 1 Ha di sekitar ex pengeboran Sumur MIgas SBT 2 Sambutan Samarinda.

“Pada awalnya kami mencari induk Pisang Rutai di kawasan hutan utara Kota Samarinda hingga ke Kabupaten Kutai Kartanegara, pohon Pisang Rutai sangat sulit di cari karena biasanya tumbuh liar di dalam hutan yang basah dan sulit juga membedakannya dengan pohon pisang jenis lainnya jika belum berbuah,  setelah mendapat induknya maka bonggol anak pohon pisang kami pisahkan dengan induknya dan sekiatar 20 anak pohon pisang segera kami bawa dan tanam di Lokasi Sambutan, “ ujar Edy Achmadi pengelola kebun Pisang Rutai EMP Semberah.

Kini Hasilnya cukup membanggakan, Tanaman Pisang Rutai yang umumnya hanya dapat dijumpai di hutan, kini dapat tumbuh baik dan berbuah serta dapat dijumpai disekitar kawasan kota Samarinda. (vb/hy)


Share this news

Respon Pembaca

Satu Komentar untuk "PT EMP Semberah Berhasil Kembangkan Budidaya Pisang Rutai"

  1. eepsaputra on Sat, 19th Apr 2014 6:25 pm 

    saya butuh bibit 1 pohon aja buat menanam,d mana sy bisa mendapatkan,mohon info dan almat,x? Terima kasih

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.