ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Samarinda Raih APE Pratama Tahun 2021

September 29, 2021 by  
Filed under Samarinda

Share this news

Wali Kota Samarinda Andi Harun

SAMARINDA – Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda kembali menambah pundi penghargaan nasional. Kali ini dengan meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) predikat Pratama.

“Syukur Alhamdulillah dan terima kasih kepada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah, Red), dan stakeholder yang telah bersinergi mengimplementasikan PUG (Pengarusutamaan Gender, Red) di Kota Samarinda, sehingga mendapatkan Anugerah Parahita Ekapraya predikat Pratama,” ucap Wali Kota Samarinda Andi Harun seusai menerima Piala dan Piagam di ruang kerjanya, Selasa (28/9/2021) siang.

Sebelumnya piala dan piagam diserahkan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI di Jakarta kepada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2PA) Kota Samarinda. Untuk acara seremonial penyerahan resmi secara virtual akan dilaksanakan 13 Oktober 2021 mendatang.

Menurut Andi Harun, komitmen ini akan terus ditingkatkan dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender yang terintegrasi dalam 10 program unggulan serta Visi dan Misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

“Saya berpesan kepada Tim Pokja PUG, Tim Driver dan seluruh Tim Focal Point OPD, mari dukung dan kerja keras lagi. Kita tidak semata-mata hanya mengejar penghargaan. Masih ada yang perlu ditingkatkan atau disempurnakan, semoga tahun mendatang akan lebih baik. Insyaallah naik predikatnya, syukur kalau Madya ataupun Utama, Amin,” ucapnya.

Andi Harun menegaskan, dalam implementasi PUG di Kota Samarinda, dipastikan seluruh kebijakan Program dan Kegiatan Adil dan Setara bagi semua, baik itu laki-laki, perempuan, lansia, anak, dan penyandang disabilitas serta masyarakat berkebutuhan khusus.

Ditambahkan Kepala DP2PA Samarinda Fitermen, penghargaan ini diraih disamping komitmen kepala daerah dalam implementasi PUG terhadap kebijakan program dan kegiatan, Samarinda juga menerbitkan Perda PUG Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan Daerah Kota Samarinda.

“Strategi PUG adalah dalam rangka   mempercepat terwujudnya masyarakat yang adil dan sejahtera,” pungkas Fitermen didampingi Ketua Pokja PUG Ananta Fathurazzi dan Sekretaris DP2PA Deasy Evriyani. (dw)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.