ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Dispora Sosialisasikan Pemberdayaan Karang Taruna Kutai Barat

November 17, 2023 by  
Filed under Kutai Barat

Share this news

SENDAWAR – Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi (Dispora) Provinsi Kaltim menggelar sosialisasi pemberdayaan Karang Taruna Pemuda berkaloborasi dengan Dinas Sosial (Dissos) Kutai Barat dan Dispora Kutai Barat,  di Hotel Loveta, Jumat (17/11/2023).

Sosialisasi diikuti sebanyak 36 peserta yang terdiri dari Camat, Ketua serta perwakilan Karang Taruna se-Kecamatan di Kabupaten Kutai Barat.

Pemerintah Kabupaten Kutai Barat melalui Dinas Sosial menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Dispora Kaltim. Adanya kaloborasi ini juga sangat membantu perkembangan Karang Taruna di Kutai Barat.

“Kami mengharapkan kedepannya kegiatan seperti ini terus berlangsung dan kolaborasi tetap berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan,”ucap Penyuluh Ahli Muda Kelembagaan Kepahlawanan dan Restorasi Sosial (KKRS), Inoq yang juga selaku support kelembagaan Karang Taruna mewakili Kepala Dinas Sosial, yang mana juga bersama Kabid Linjamsos, Jumansyah.

Diterangkan Analis Kebijakan Ahli Muda Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Kaltim, Hasbar Mara, kegiatan ini dilaksanakan di 10 kabupaten/kota yaitu termasuk Kabupaten Kutai Barat. Yang mana 7 kabupaten/kota  telah selesai dilaksanakan dan masih tersisa 3 kabupaten/kota.

Kegiatan ini juga merupakan kegiatan perdana untuk Kabupaten Kutai Barat. Pemberdayaan Karang Taruna ini merupakan kegiatan Dispora yang dilaksanakan atas inisiatif Kadispora.

“Kebetulan Kadipora itu mantan Kepala Dinas Sosial dan tahu persis bahwa Karang Taruna yang berada di Kalimantan Timur ini ibaratnya mati segan hidup pun enggan,”bebernya.

Ditegaskannya , sosialisasi ini adalah  agar dapat menghidupkan kembali agar seluruh Karang Taruna bisa dihidupkan kembali karang taruna di kabupaten/kota.

“Kami berpesan kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Barat agar segera merelasisasikan himbauan sekda untuk menghidupkan kembali seluruh karang taruna di wilayahnya termasuk mengalokasikan anggaran untuk pemberdayaan karang taruna baik tingkat kabupaten, kecamatan hingga kelurahan,”tukasnya.

Sementara itu Ketua Karang Taruna Kabupaten Kutai Barat,  Arminsyah Sumardi Teso menilai kegiatan yang dilaksanakan sangat bagus dan sangat mengapresiasi. Ini adalah langkah awal agar bisa berkaloborasi dan berkomunikasi yang baik dengan pihak Provinsi.

“Karang taruna ini adalah wadahnya pemuda untuk berkreasi untuk menata hari esok lebih baik. Pesan saya untuk seluruh Karang Taruna disemua tingkatan. Karena kita ini dari, oleh dan untuk, maka marilah kita tempatkan wadah ini sebaik mungkin untuk kesejahteraan kita bersama dan dapat berdampak serta bermanfaat bagi masyarakat,”ungkapnya. (Arf)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.