ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Sosialisasi Pilkada, KPU Samarinda Gelar Kompetisi Mural

November 16, 2020 by  
Filed under Samarinda

Share this news

SAMARINDA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda akan menggelar kompetisi mural. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai sosialisasi pesta demokrasi di Samarinda yang akan berlangsung pada 9 Desember 2020 mendatang.

Najib

Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipan Masyarakat, dan SDM KPU Samarinda, Najib menyampaikan lomba mural ini diharpakan mampu menyosialisasikan perihal Pilkada kepada masyarakat Samarinda.

“Ini juga untuk memberi ruang ke pegiat seni dan anak-anak muda. Setidaknya, lewat lomba mural ini mereka tahu bahwa 9 Desember 2020 nanti adalah pemilihan wali kota dan wakil wali kota,” ungkap Najib saat ditemui diruang kerjanya

Ada beberapa ketentuan umum yang harus dipenuhi peserta lomba mural. Pertama, mereka harus mendaftarkan diri sebagai kelompok yang terdiri atas 5 orang atau individu. Kemudian, peserta diwajibkan mengambil formulir di kantor KPU Samarinda. Peserta juga harus menunjukkan KTP elektronik.

“Selain itu, masyarakat yang bisa berpartisipasi di lomba adalah mereka yang sudah memiliki hak pilih,” kata Najib.

Sedangkan untuk ketentuan khusus, peserta dibebaskan untuk menentukan isi mural terkait tema yang sudah ditentukan. Asal tidak mengandung unsur pornografi, melanggar norma kesopanan, dan unsur SARA.

“Mural yang dibuat tidak mengandung unsur kampanye pasangan calon (paslon) tertentu, tidak menggunakan waktu di luar alokasi waktu yang telah disiapkan panitia, dan tidak plagiat atau menjiplak hasil karya orang lain,” tegas Najib.

Najib menambahkan, tema lomba muralnya yakni wujudkan Pilwali Samarinda 2020 yang bersih dan berintegritas. Total hadiah sebanyak Rp 16 juta siap diperebutkan 3 pemenang. Pendaftaran telah dilaksanakan sejak 6 November silam sampai pukul 12.00 Wita 14 November 2020. Pada jam yang sama, technical meeting juga akan digelar.

Sedangkan pelaksanaan lomba akan berlangsung pada Minggu (15/11/2020) di Jalan Anggur. Lomba akan dilaksanakan selama 1 hari dan penilaian bisa berlanjut pada Senin. Namun terkait teknis, Najib tegaskan akan dibahas lebih lanjut ketika technical meeting. Saat ini sudah ada 10 peserta individu maupun kelompok yang terdaftar dan administrasinya lengkap.

“Nanti ada 3 juri yang akan menilai hasil mural para peserta. Juri ini siap membantu kita dan berasal dari kalangan pelaku seni,” ujar Najib.(man)

 


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.