ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Tim Tanggap Bencana Polres Batu Bersihkan Material Banjir

November 24, 2021 by  
Filed under Serba-Serbi

Share this news

Tim tanggap bencana Polres Batu.bersihkan material Banjir

BATU – Diguyur hujan lebat selama kurang lebih satu jam Kota Batu darurat banjir. Hal ini terjadi setelah efek hujan deras di hulu Sungai Paron di Kecamatan Bumiaji Kota Batu kembali meluapkan volume air, Selasa siang (23/11/2021).

Meski volume air tidak terlalu tinggi, luberan air ke jalan masuk kawasan pemukiman warga membawa material kayu, dan sampah. Beberapa kawasan yang mengalami luapan air cukup deras. Salah satunya aliran sungai yang berada di belakang Kampung Kidz Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji.

Volume air tinggi dengan warna air cukup pekat sempat membuat warga panik. Pasalnya kejadian banjir bandang 4 November 2021 silam sempat melanda daerah tersebut.

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Achmad Choirur Rochim mengatakan, lantaran volume air yang tinggi membuat sawah yang ada di bantaran aliran sungai itu sebagian tergerus oleh air.

“Dampak hujan deras sore ini, sungai yang meluber adalah aliran sungai di Jalan Mbah Joyo, Dusun Banaran, yang berbatasan dengan Dusun Beru, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji. Alhamdulillah Aliran di sungai pasca banjir bandang sementara masih aman terkendali,” jelas dia.

Luapan air sungai ini, kata Rochim, juga membawa material lumpur dan menutup akses jalan sepanjang 100 Meter.

Polres Batu Bersihkan Material Banjir

Wakapolres Batu Kompol Iswahab memimpin pembersihan dampak banjir bersama personel siaga bencana Polres Batu.

Pembersihan material kayu penyebab meluapnya sungai di Dusun Banaran, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Selasa (23/11/2021).

Wakapolres Batu Kompol Iswahab didampingi Kasi Humas Iptu Ivandi berbaur dalam tim tanggap bencana

“Kami sudah melakukan antisipasi dengan menyiagakan personel tanggap bencana yang siap digerakkan setiap saat apabila terjadi bencana di wilayah Kota Batu,” ujar Iswahab.

Polres Batu sudah menyiagakan tim khusus dalam penanganan bencana dengan melibatkan stakeholder lain guna membantu peralatan bila terjadi kendala.

“Mereka sudah terlatih dan selalu koordinasikan dengan Stakeholder dan Instansi terkait apabila ada kendala dalam penanganan bencana dibantu dengan alat berat supaya cepat mengatasinya,” kata Kompol Iswahab.

Meluapnya aliran sungai di dusun Banaran disebabkan material kayu dan sampah yang melintang di badan sungai sehingga arus air tidak lancar menyebabkan banjir di ruas jalan Dusun Banaran, Desa Bumiaji.

Pembersihan material kayu dan sampah dibantu oleh warga masyarakat sekitar sungai. Lukman 45 th warga Dusun Banaran mengucapkan terima kasih kepada Polres Batu dan pihak-pihak yang membantu pembersihan tersebut sehingga aliran sungai ledok tidak tersumbat lagi.

“Saya warga Dusun Banaran mengucapkan banyak terima kasih kepada Polres Batu dan pihak-pihak yang telah membantu pembersihan sumbatan penyebab luapan sungai ledok. Khususnya Polres Batu dan pihak terkait serta warga Dusun Banaran yang bahu membahu membersihkan sumbatan aliran sungai,” pungkas Lukman.

Saat hujan deras terjadi di kawasan Kecamatan Bumiaji juga sempat terjadi pemadaman listrik. Setidaknya pemadaman berlangsung selama kurang lebih 30 menit.

“Iya saat hujan lebat tadi sempat terjadi pemadaman. Syukur saat ini kondisi sudah terkendali, ” jelas Lukman. (Buang Supeno)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.