ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Bupati Resmikan Cold Room Penyimpanan Vaksin Dinkes Kukar

December 26, 2023 by  
Filed under Kesehatan

Share this news

TENGGARONG – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah meresmikan Cold Room di Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kukar Jalan Imam Bonjol Tenggarong, Rabu (26/12/2023). Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan ini telah memiliki fasilitas penyimpanan vaksin berupa Cold Room yang sesuai standar dan direkomendasikan oleh Kementerian Kesehatan.

Gedung yang diresmikan tersebut merupakan komitmen Pemerintah Daerah melalui APBD Kukar dipergunakan untuk melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Hasilnya akan bermuara pada peningkatan kualitas sumber daya manusia. Hal ini membuktikan konsistensi Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara dalam pembangunan kesehatan.

Dikatakan Edi, salah satu upaya mencegah penyakit adalah melalui vaksinasi. Vaksin akan memberikan dampak yang optimal apabila memenuhi syarat penyimpanan dan distribusinya. Penyimpanan vaksin membutuhkan suatu perhatian khusus karena vaksin merupakan sediaan biologis yang rentan terhadap perubahan temperatur lingkungan. Salah satu kegagalan pemberian vaksin adalah karena rantai dingin pengelolaan vaksin tidak berjalan dengan baik. Vaksin sudah rusak ketika tiba di fasilitas pelayanan kesehatan yang akan memberikan vaksin kepada target sasaran dan konsekuensinya adalah vaksin yang diberikan tidak akan memberikan dampak atau bahkan menimbulkan masalah.

Agar vaksin tetap mempunyai potensi yang baik sewaktu diberikan kepada sasaran, maka vaksin harus disimpan pada suhu tertentu dengan lama penyimpanan yang telah ditentukan di masing-masing tingkatan administrasi.

“Saya berharap fasilitas Cold Room akan membantu petugas logistik vaksin untuk menjamin kualitas vaksin selama proses penyimpanan. Dengan demikian akan membawa manfaat bagi peningkatan kesehatan masyarakat. Dan saya juga mendapatkan info bahwa saat ini Cold Room di Kutai Kartanegara merupakan satu-satunya di Kalimantan Timur. Inilah salah satu bukti komitmen Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara untuk mendukung program imunisasi,” ujarnya.

Edi berterima kasih kepada Kepala Dinas Kesehatan beserta jajaran karena telah mempersiapkan, merencanakan dan mengadakan sarana dan prasarana ini dengan sebaik-baiknya. Ia berharap agar Cold Room ini dapat dijaga dan dipelihara dengan sebaik-baiknya sesuai standar prosedur yang berlaku.

“Manfaatkan dengan optimal dan tetaplah semangat untuk bekerja dan mengabdi agar derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat kita capai,” demikian ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kukar dr Martina Yulianti mengatakan cooldroom tersebut mampu menyimpan lebih dari 10 ribu dosis vaksin. Fungsinya untuk menjaga rantai dingin vaksin dikisaran suhu -2 sampai -8  agar isinya terjaga kualitasnya, atau menjaga dari kerusakan vaksin tersebut.

“Di Kabupaten Kota Kaltim baru Kukar yang punya. Harapannya agar kualitas pelayanan untuk masyarakat khususnya dalam hal vaksin meningkat,” ujarnya.  (kk04)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.