ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Jangan Lengah, Setelah Vaksinasi Tetap Jaga Prokes

December 17, 2021 by  
Filed under Samarinda

Share this news

SAMARINDA  – Wakil Wali Kota Samarinda, Rusmadi mengingatkan agar tidak lengah dan selalu menjaga protokol kesehatan (Prokes) walaupun telah mengikuti vaksin. Hal ini disampaikannya saat menghadiri Vaksinasi Dosis I dan II Pfizer yang dilaksanakan Kecamatan Samarinda Kota, di halaman kantor Kecamatan, Jumat (17/12/2021) pagi.

Rudmadi mengatakan, kekebalan kelompok (Herd Immunity) akan terbentuk melalui vaksinasi minimun 60 persen. Ini sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan nomor 10 Tahun 2021 yang menjelaskan i  vaksinasi merupakan salah satu upaya penanganan dalam penanggulangan Covid-19.

“Capaian persentase vaksinasi di Kota Samarinda hingga tanggal 30 November 2021 sebanyak 75.38 persen. Artinya batas minimal telah dilampaui oleh Kota Samarinda,” sebut  Rusmadi.

Rusmadi menambahkan, info grafis pasien Covid-19 di Kota Tepian mulai melandai, bahkan beberapa hari yang lalu sempat 0 pasien dan pada 10 Kecamatan Kota semuanya hijau. Namun hal ini tidak boleh membuat masyarakat lengah

“Sampai hari ini, WHO belum mengubah status pandemi Covid-19, Protokol Kesehatan (Prokes) harus terus diterapkan dimana pun kita berada, kegiatan vaksinasi pun terus dilakukan.  Kita terus melakukan upaya pengendalian penularan Covid-19. Diharapkan penularan Covid-19 menurun, kekebalan kelompok di masyarakat atau herd immunity tercapai dan aktivitas masyarakat dapat dilakukan sehingga tetap produktif secara sosial dan ekonomi,” Harapnya

Wawali juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung program vaksinasi. Sementara itu Camat Samarinda Kota, Anis Siswantini bersyukur, karena antusias warga masyarakat Kota Samarinda khususnya di wilayah Kecamatan Samarinda Kota mengikuti kegiatan vaksinasi yang cukup tinggi. Diaku, masih ada beberapa yang belum melakukan namun jumlahnya tidak seberapa bila dibandingkan yang telah melakukan vaksinasi.

“Satu hal yang tidak boleh kita lupakan adalah bahwa vaksinasi bukanlah solusi akhir agar bebas dari Covid-19. Ttetap menjaga serta menerapkan Prokes menjadi utama. Tetap menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak juga menghindari keramaian,” tutupnya. (Man)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.