ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Masyarakat Balangan Sudah Bisa Urus Paspor di Daerah Sendiri

December 15, 2021 by  
Filed under Daerah

Share this news

PARINGIN – Pemerintah Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, selangkah lebih maju dengan membuka pelayanan perdana keimigrasian berupa pembuatan dokumen paspor bagi masyarakat.

“Masyarakat Balangan tak perlu jauh-jauh lagi ngurus paspor. Sekarang, masyarakat sudah bisa membuat paspor di daerah sendiri,” ucap Bupati Balangan, H Abdul Hadi, seusai peresmian Kantor Unit Kerja Keimigrasian (UKK) di Paringin, Senin (13/12/2021).

Peresmian kantor UKK Balangan dilakukan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Kalsel, Tejo Harwanto

Kantor UKK Balangan dipusatkan di bekas Kantor Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian. Pelayannya dilakukan setiap Senin dan Selasa pada minggu pertama serta minggu ketiga setiap bulan.

Bupati Abdul Hadi menyatakan, terwujudnya unit kerja pelayanan keimigrasian ini sebagai tindak lanjut MoU antara Pemkab Balangan — Kanwil Kemenkumham Kalsel bulan Mei 2021 lalu.
Kakanwil Kamenkumham Kalsel sendiri bersyukur dan berterimakasih pada Pemkab Balangan yang mendukung penuh terhadap upaya peningkatan pelayanan keimigrasian.

“Pelayanan jangka panjangnya nanti tak hanya pembuatan paspor semata, tapi akan diperluas dengan pembentukan UKK yang melayani pembuatan dokumen secara penuh,” ujar Tejo Harwanto.

Bupati Hadi menyebut, APBD Balangan 2022 sendiri sudah mengalokasikan anggaran 90 persen untuk pembangunan gedung UKK yang akan mampu melayani semua dokumen keimigrasian secara penuh, dan 10 persennya lagi pada APBD-P.

Bupati berharap gedung UKK Balangan nanti bisa diresmikan pada 8 April 2022. Karena itu, pembuatan semua dokumen keimigrasian tak hanya bagi warga Balangan semata, tapi diharapkan pula masyarakat Tanjung (Tabalong), Amuntai (HSU), Barabai (HST) dan sekitarnya juga bisa membuat dokumen keimigrasian di Balangan. (dill)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.