ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Wali Kota Batu Panen Hasil Pertanian dan Serahkan Bantuan pada Gapoktan

December 14, 2022 by  
Filed under Agrobisnis

Share this news

BATU – Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, memanen hasil pertanian tanaman pangan yang ditanam September 2022 lalu di lahan belakang Sendratari Arjuna Wiwaha, Kelurahan Sisir, Selasa (13/12/2022).

Wali Kota Batu, pada saat penanaman lalu, mengatakan, bahan pangan menjadi salah satu pemicu inflasi. Untuk itu salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menanam tanaman pangan, khususnya cabai.

Menurutnya, bawang merah dan cabai merupakan salah komoditas pertanian yang menjadi penyumbang inflasi tertinggi di Indonesia, untuk itu perlu adanya gerakan nyata untuk pencegahan inflasi di Kota Batu. Salah satunya dengan penanaman cabai secara serentak.

Saat ini, cabai dan ubi jalar yang telah ditanam sudah siap dipanen. Wali Kota Batu bersama dengan Gapoktan Kota Batu, Veteran, dan Kepala SKPD Pemkot Batu serta para undangan bersama-sama memanen hasil bumi yang ditanam september lalu.

“Insya Allah, karena banyak petani menanam cabai, bulan Januari akan ada panen raya cabai. Harapannya, harga cabai tidak akan terlalu tinggi naiknya dan harganya stabil,” ucap Dewanti.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Batu bersama jajaran juga menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada Gapoktan dari 3 Kecamatan.

Wali Kota berpesan kepada para petani dan gapoktan, agar bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan baik.

“Mugi-mugi barokah dan dimanfaatkan dengan baik. Tetap semangat menghadapi berbagai permasalahan pasca pandemi,” pesan Wali Kota.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu, Heru Yulianto, menjelaskan bantuan Alsintan yang diberikan berupa electric power sprayer, cultivator, kendaraan roda 3, mesin potong rumput, mesin perontok padi, paket saprodi intensifikasi pekarangan dan paket pakan ayam dan Vitachick.(bs)

 


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.