ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Belantara Foundation dan Merck Indonesia Tanam 300 Bibit Pohon Khas Jakarta di Hutan Kota Cilangkap

June 30, 2024 by  
Filed under Lingkungan Hidup

Vivaborneo.com, Jakarta — Belantara Foundation dan Merck Indonesia berkolaborasi dengan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta melakukan penanaman 5 jenis pohon dengan total 300 bibit di Hutan Kota Cilangkap, Jakarta Timur pada Sabtu, 29 Juni 2024.

Selain itu kegiatan yang juga melibatkan Kelompok Tani Hutan (KTH) Munjul Sinambung dan KTH Cilangkap Subur Lestari menanam jenis pohon yang ditanam merupakan tanaman nusantara khas Jakarta. Diantaranya pohon menteng (Baccaurea racemosa), kemang (Mangifera kemanga), jambu air (Syzygium aqueum), mangga (Mangifera indica) dan petai (Parkia speciosa).

Pemilihan jenis tanaman tersebut pada kegiatan penanaman merupakan salah satu aksi konkrit kolaborasi multipihak, yaitu dari sektor pemerintah, organisasi lingkungan, sektor swasta dan kelompok masyarakat untuk mendukung program Pemerintah Provinsi Jakarta dalam pelestarian tanaman nusantara khas Jakarta.

Berdasarkan Dokumen Profil Keanekaragaman Hayati Jakarta yang diterbitkan oleh Dinas Lingkungan Hidup Jakarta pada 2018, terdapat 651 jenis tumbuhan yang ada di Kota Jakarta,  sedangkan terdapat 103 jenis tumbuhan atau tanaman yang masuk ke dalam Peraturan Gubernur (PerGub) Provinsi DKI Jakarta Nomor 114 tahun 2018 tentang pengelolaan tanaman nusantara khas Jakarta.

Menurut PerGub Provinsi DKI Jakarta Nomor 114 tahun 2018 Tanaman Nusantara Khas Jakarta adalah jenis tumbuhan atau tanaman yang khas tumbuh dan menjadi identitas sebuah kawasan di Jakarta serta jenis tanaman yang sesuai dengan pendekatan Nama Kelurahan/Kecamatan di Daerah Khusus Jakarta. Akan tetapi, keberadaan jenis tanaman khas Jakarta tersebut perlahan sudah jarang dijumpai.

Hal ini disebabkan salah satunya oleh alih fungsi lahan menjadi perumahan, perkantoran hingga gedung-gedung pencakar langit. Padahal tanaman atau pohon tersebut memiliki banyak sekali manfaat penting bagi kehidupan, antara lain manfaat untuk kesehatan, ekologi, sosial dan ekonomi.

Manfaat pohon bagi kesehatan, antara lain dapat menyediakan oksigen untuk 2 – 10 orang dalam sehari serta menyerap karbondioksida dan polusi udara. Manfaat ekologi, antara lain menjaga siklus hidrologi, mencegah berbagai jenis bencana alam, seperti banjir dan longsor, memitigasi perubahan iklim, menyediakan habitat dan sumber pakan bagi satwa liar. Selain itu, manfaat sosial dan ekonomi, yaitu salah satunya sebagai sumber ketahanan pangan bagi masyarakat.

Ketua Dewan Pengurus Belantara Foundation, Dr. Ir. Tachrir Fathoni, M.Sc., pada saat memberikan sambutan mengatakan bahwa gerakan menanam pohon seperti ini sangat relevan dengan salah satu pilar program Belantara yaitu restorasi atau pemulihan lahan.

Lebih dari itu, pohon yang sudah ditanam, harus dilakukan pemantauan dan perawatan untuk memastikan tingkat kelangsungan hidup pohon tinggi. Jika ada bibit yang layu atau mati, perlu dilakukan penyulaman atau mengganti bibit yang mati dengan yang hidup demi mewujudkan lingkungan yang lestari dan berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Kami akan terus mengajak dan berkolaborasi dengan multipihak, salah satunya dengan melibatkan sektor swasta untuk mendukung gerakan pemulihan lahan yang terdegradasi karena kolaborasi kunci keberhasilan program restorasi, ujar Tachrir”.

Pada waktu yang sama, Plant Director PT Merck Tbk, Arryo Aritrixso Wachjuwidajat mengungkapkan, dukungan melalui penanaman pohon merupakan bagian dari komitmen keberlanjutan Merck di bidang lingkungan, dimana salah satu tujuan keberlanjutan.

“Kami adalah untuk mencapai netralitas iklim dan pengurangan konsumsi sumber daya.  Lebih lanjut, kami senang bahwa pohon yang ditanam hari ini adalah tanaman nusantara khas Jakarta, yang artinya mendukung pelestarian biodiversity di daerah di mana Merck beroperasi. Kami berharap pohon-pohon ini tidak hanya bermanfaat untuk memperbaiki lingkungan sekitar, tetapi juga akan meninggalkan warisan berkelanjutan bagi generasi mendatang,” ujarnya.

Pada tempat terpisah, Kepala Bidang Kehutanan pada Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta, Dirja Kusumah, SH., M.H., mengemukakan pihaknya menyambut baik dan mendukung penuh gerakan penanaman pohon sebagai upaya pemulihan lahan di Hutan Kota Cilangkap.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Belantara Foundation dan Merck Indonesia serta pemangku kepentingan lainnya telah menginisiasi gerakan penanaman ini. Gerakan ini diharapkan akan mampu memberikan motivasi dan inspirasi bagi pihak-pihak lain untuk berpartisipasi aktif dalam pelestarian tanaman nusantara khas Jakarta khususnya yang sudah mulai jarang dijumpai di Jakarta,” kata Dirja.

Sementara itu, Ketua KTH Munjul Sinambung, Wahyat Sumparna mengatakan bahwa tidak hanya untuk melestarikan tanaman nusantara khas Jakarta, gerakan penanaman pohon yang dilakukan bersama Belantara Foundation dan Merck Indonesia ini dapat membantu masyarakat dalam mengelola dan memanfaatkan lahan secara berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat dan kelestarian lingkungan.(*/adv)

 

 

Dinas Sosial Kaltim Pastikan Bantuan Korban Banjir Sepaku Tersalurkan

June 30, 2024 by  
Filed under Religi, Sosial & Budaya

SEPAKU — Kepala Dinas Sosial Kaltim Andi Muhammad Ishak mengunjungi lokasi banjir di wilayah Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Sabtu (29/6/2024).

Kedatangannya bersama Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Akhmad Rasyidi beserta Kabid Bantuan dan Perlindungan Sosial Penajam Paser Utara Triposa Pinde Paundanan tersebut untuk memastikan bantuan Dinsos Kaltim yang ada di Gudang Logistik Dinas Sosial PPU tersalurkan ke korban bencana.

“Hari ini kita menemui masyarakat korban bencana banjir sebagai bentuk kepedulian dan memastikan bantuan tersalurkan tepat sasaran dan tepat jumlah kepada korban bencana banjir,” ujar Andi Muhammad Ishak.

Ishak mengungkapkan Dinas Sosial Kaltim menyalurkan bantuan sebanyak 117 paket bagi warga terdampak banjir di Kelurahan Sepaku. Paket yang disalurkan merupakan bantuan korban bencana dari Dinas Sosial Kaltim yang diberikan di Gudang Logistik Dinas Sosial Penajam Paser Utara.

Adapun bantuan yang diberikan berupa paket sembako berupa Beras  5 kg sebanyak 117 sak, gula pasir 117 kg, cornet  189 gram sebanyak 117 kaleng. Selain itu juga kue kaleng 450 gram sebanyak 117 kaleng, Mie instan 117 dos, minyak goreng 117 liter dan susu kental 117 kaleng.

“Bantuan yang disalurkan sesuai permohonan pemberian bantuan yang disampaikan Lurah Sepaku,” ujarnya.

Seperti diketahui desa banjir yang terjadi 24 Juni 2024 ini menerjang 3 desa dan 1 kelurahan di Kecamatan Sepaku. Tercatat sebanyak 504 KK dan 1.146 jiwa menjadi korban terdampak banjir. Rinciannya Kelurahan Sepaku 177 KK dan 498 jiwa, Desa Karang Jinawi 66 KK dan 283 jiwa, Desa Bukit Raya 16 KK dan 55 jiwa, Desa Suka Raja 245 KK dan 310 jiwa

Pada kesempatan itu juga dilanjutkan mengunjungi lumbung sosial dan kampung siaga bencana yang ada di Kecamatan Sepaku dan Kecamatan Penajam. Kunjungan untuk melihat ketersediaan lumbung dan melihat permasalahan pengelolaannnya.(AM)

Ribuan Jamaah Hadiri Kukar Bersholawat

June 30, 2024 by  
Filed under Kutai Kartanegara

TENGGARONG – Sebanyak 3 ribu lebih umat muslim memadati lapangan halaman Kantor Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) di Tenggarong, untuk melantunkan shalawat secara bersamaan dipandu Habib Ali Zainal Abidin Assegaf (Gresik) yang akrab disapa Habib Bidin bersama majelisnya Shalawat Az-Zahir, Sabtu (29/6/2024) malam. Jemaah berdatangan dari berbagai wilayah di Kukar hingga Kota Samarinda dan Kota Bontang

Acara bertajuk Kukar Bersholawat Jilid III dimaksudkan untuk mengobati kerinduan warga, setelah 8 bulan lalu Habib Ali Zainal Abidin Assegaf juga hadir dalam kegiatan Kukar Bersholawat Jilid II 2023.

Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin mengemukakan kedatangan kembali Habib Bidin sangat membuatnya bersyukur. Apalagi antusiasme jemaah di Kukar untuk ikut bersholawat sangat luar biasa.

“Hari ini kami bersyukur, Habib Bidin dapat kembali lagi ke Kukar untuk memimpin umat muslim bersama-sama melantunkan syair shalawat. Ini obat rindu,” ungkapnya.

Rendi mengatakan Kukar Bersholawat merupakan salah satu upaya membumikan Al-Quran di Bumi Etam. “Semoga apa yang dilakukan malam ini mampu membawa Kukar agar dimuliakan Allah,” harapnya.

Ia menjelaskan, Kukar Bersholawat adalah bagian dari keberadaan Pemkab Kukar bersama umat muslim untuk terus berupaya dakwah bersama dalam keagamaan dan menambah pengetahuan serta menambah kualitas keimanan kepada Allah SWT.

“Tahun depan kita laksanakan lebih meriah. Antusias belasan ribu jamaah, jilid pertama-ketiga sukses, dan jilid keempat (2025) bisa puluhan ribu,” demikian tegasnya.

Sementara itu, Habib Bidin, berpesan kepada para orang tua untuk selalu mengawasi anak-anaknya di rumah. Dikarenakan saat ini memasuki fase (zaman) media sosial melalui hand phone yang begitu canggih.

“Untuk itu sekali lagi saya berpesan kepada para orang tua agar mengawasi/mendampingi anak-anaknya bermain hand phone di rumah. Supaya tahu anak-anak kita lagi buka apa, bermain apa, dan telponan dengan siapa,” pesan tegas Habib Bidin asal Pekalongan ini.

Turut hadir mendampingi Wabup Kukar tersebut, Ketua DPRD Abdul Rasid, Sekda Sunggono, Kasdim 0906/KKR Mayor (Inf) Mahfudz, Kapolsek Tenggarong AKP. Sukardi, Camat Tenggarong Sukono, Kabag Kesra Dendi Irwan Fahriza, serta perwakilan OPD dinas, instansi, kantor, dan lembaga dilingkup Pemkab Kukar lainnya. (kk05)

IPA Sungai Kapih Dikuras, Warga Diimbau Tampung Air

June 30, 2024 by  
Filed under PDAM Samarinda

IPA Sungai Kapih

SAMARINDA – Perusahaan Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Kencana Samarinda menjadwalkan pengurasan bak sedimentasi di IPA Sungai Kapih, Selasa, 2 Juli 2024 mulai pukul 08.00 Wita.

Asisten Menejer Kesekretariatan dan Humas Perumdam Tirta Kencana Samarinda, Sendya Ibanezmengatakan pengurasan ini merupakan agenda rutin untuk menjaga kualitas produksi.

Selama kegiatan pengurasan berlangsung beberapa wilayah akan mengalami gangguan aliran distribusi diantaranya wilayah Jalan Kapten Soejono, Perumahan Pondok Karya Lestari, Perumahan Ariesco, Perumahan Sambutan Asri, Perumahan Handil Kopi, Jalan Perjuangan, Sambutan Asri 5, 6 dan sekitarnya, Sebagian Damahuri, Proklamasi, Jalan Poros Perintis hingga Solong, sebagian Jalan Kenanga, Sentosa Dalam, amai, Rumbia, Otto Iskandarninata, Sepakat dan sekitarnya.

“Diimbau kepada pelanggan di jalur wilayah tersebut untuk bisa menampung air selagi masih mengalir, karena selama pengurasan berlangsung aliran distribusi akan terganggu, ” kata Sendya Ibanez .

Sebagai info pasca pengurasan selesai dan dialirkan biasanya akan terjadi kekeruhan di aliran pertama, namun jika air dalam pipa penuh dan aliran normal akan jernih dengan sendirinya.

Untuk Informasi dan pelaporan hubungi Contact Center kami di nomor 0541 2088100 atau Chat WA 0811553536. (*/adv).

Nabil Urung, Celni yang Naik

June 30, 2024 by  
Filed under Opini

Catatan Rizal Effendi

TEKA-TEKI siapa yang menjadi ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Kaltim akhirnya terjawab. Celni Pita Sari yang dipilih dan dipercaya Ketua Umum DPP Surya Paloh. SK pengangkatannya diserahkan melalui Sekjen DPP Hermawi Taslim, Jumat (28/6) lalu.

Celni bersama Ketua Umum DPP Garda Pemuda NasDem, Prananda Surya Paloh.

“Selamat bertugas sebagai ketua DPW Partai NasDem Kaltim kk Celni. Semoga amanah dan menghantarkan Partai NasDem Kaltim semakin besar, menang Pilkada 2024 dan semakin solid. Aamiin,” kata Hermawi meneruskan pesan ketua umum.

Pengangkatan Celni tentu saja sangat surprised. Maklum masih muda. Cantik lagi. Usianya baru 39 tahun. Dilahirkan di Samarinda. Dia disebut-sebut sebagai anak angkat mantan wali kota Samarinda, almarhum Achmad Amins.

Celni saat ini anggota DPRD Samarinda. Hasil Pileg 2024, dia terpilih kembali. Dalam struktur organisasi partai, dia duduk sebagai ketua Garda Pemuda NasDem Kaltim. Garda Pemuda NasDem adalah organisasi kepemudaan yang bernaung di bawah NasDem dan menjadi salah satu sayap partai. Ketua umumnya, Prananda, putra kandung Surya Paloh dan Rosita Barack.

Rosita yang sudah berusia 75 tahun berdarah Samarinda. Dia putri Omar Barack dan Aisyah, yang kalau tidak salah tinggal di kawasan Pasar Pagi. Tidak banyak yang tahu kalau istri SP adalah orang dari Kota Tepian.

Celni aktif dalam berbagai organisasi. Selain aktif di Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), dia juga ikut terlibat dalam kepengurusan olahraga terutama cabang sepak bola.

Dia adalah ketua Borneo FC Putri. Jadi sangat akrab dengan Nabil, sang pemilik. Sejak 2018, Celni juga dipercaya menjadi manajer Timnas Futsal U-20. Dia membawa timnas dalam berbagai turnamen di luar negeri.

Kursi ketua DPW NasDem Kaltim sudah beberapa bulan kosong, menyusul mundurnya Isran Noor, November 2023. DPP sempat menunjuk Syarif Abdullah Al Kadrie, ketua Korwil Pemenangan Pemilu Kalimantan sebagai pengganti. Tak begitu lama, DPP menunjuk  Muchtar Luthfi A Mutty, mantan bupati Luwu Utara untuk meneruskan jabatan tersebut.

Partai NasDem tidak seperti partai lain. Urusan penggantian pengurus daerah termasuk ketuanya tidak perlu melalui musyawarah daerah. Cukup melalui penunjukan dan penetapan SK dari ketua umum.

Tadinya santer disebut-sebut Nabil Husein Said Amin yang bakal ditunjuk sebagai ketua DPW NasDem Kaltim definitif. Bos Borneo FC ini dalam Pileg 2024 lolos sebagai anggota DPR RI dapil Kaltim dari Partai NasDem.

Tak ada penjelasan kenapa Nabil urung menjadi ketua. Mungkin situasinya tidak begitu memungkinkan buat dia. Padahal Nabil sudah mulai melakukan langkah konsolidasi. Selain bertemu dengan beberapa pengurus DPW, dia juga mulai turun ke daerah. Beberapa waktu lalu dia ke Balikpapan menyerahkan mobil ambulans kepada pengurus DPD.

Nabil tak jadi, sepertinya dia mendukung Celni yang menggantikan. Kebetulan Celni juga berada satu tim dengan Nabil. Apalagi Celni cukup akrab dengan Prananda, sehingga proses pengangkatannya di DPP berjalan lancar.

Saya lihat di WA grup partai ramai bermunculan ucapan selamat buat Celni dari pengurus dan kader partai se-Kaltim. “Selamat kk Celni, semoga NasDem Kaltim makin maju dan sukses,” ujar Ketua DPD NasDem Balikpapan, Ahmad Basir (AHB).

Ketika saya kirimi ucapan selamat lewat WA, KK Celni langsung menjawab. “Terima kasih kk, mohon arahan dan masukannya,” katanya spontan.

PERSIAPKAN PILKADA

Tugas Celni ke depan tentu tidak ringan. Selain melaksanakan konsolidasi organisasi, pada waktu yang bersamaan dia juga harus memantapkan dan menyukseskan keterlibatan NasDem Kaltim dalam menghadapi proses Pilkada Serentak yang tinggal beberapa bulan lagi.

Sejauh ini DPP belum memutuskan bakal calon mana yang didukung dan diberi rekomendasi baik di tingkat Pilgub maupun di tingkat kabupaten/kota se-Kaltim.

Kursi NasDem di DPRD Kaltim hasil Pileg 2024 hanya ada 3. Tapi NasDem belum menentukan apakah mendukung petahana Isran Noor atau diberikan kepada Haji Rudy Mas’ud (Harum). Selain juga Mahyudin. Tiga-tiganya mendaftar di NasDem.

Isu yang berkembang hangat terjadi di DPD NasDem Balikpapan. Hasil Pileg 2024, NasDem meraih 7 kursi di DPRD Balikpapan. Nomor 2 setelah Partai Golkar dengan 16 kursi. Tinggal ditambah 2 lagi dari partai lain, NasDem Balikpapan bisa mengusung satu pasangan calon.

Tapi kabar yang santer, DPP NasDem cenderung membawa NasDem Balikpapan berkoalisi dengan Golkar. Jika koalisi itu memberi ruang kepada kader NasDem menjadi pendamping petahana mungkin tidak masalah. Tapi jika kursinya saja yang diambil, maka banyak kader yang mengaku prihatin.

Apalagi saat ini Ketua DPD NasDem Balikpapan, AHB bakal menjadi calon wakil bupati Penajam Paser Utara (PPU) mendampingi mantan bupati Hamdam Pongrewa. Juga beredar kabar AHB tidak gampang mendapat surat rekomendasi DPP lantaran di sana  ada bakal calon bupati, Mudiyat Noor, yang juga membawa bendera NasDem.

Mudiyat cukup agresif turun ke lapangan. Dia sudah melakukan sosialisasi ke berbagai pelosok wilayah PPU. Dia adalah ketua Bidang Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPW NasDem Kaltim dan pernah menjadi anggota DPRD Kaltim periode 2009-2014.

Dari 14 nama yang mendaftar di DPD NasDem Balikpapan untuk Pilwali, maka ada beberapa nama yang potensial. Di antaranya M Sa’bani (mantan Sekprov Kaltim), drg Syukri Wahid (mantan anggota DPRD Balikpapan) dan Syaima Alaydrus (putri bupati Kotabaru Kalsel).

Banyak pihak berharap Sa’bani mendapat rekomendasi dari DPP, sehingga NasDem bisa mengusung calon lawan petahana dengan berkoalisi partai lain. Salah satu partai yang juga tertarik dengan Sa’bani adalah PDIP, yang memiliki 4 kursi dan PKS dengan 3 kursi.

Dari Pilwali Samarinda sempat mencuat nama Saefuddin Zuhri, anggota DPRD Kaltim dari Partai NasDem yang akan mendampingi petahana, Andi Harun (AH). Komunikasi sudah berlangsung dari kedua belah pihak. Tapi bagaimana perkembangan terakhir, belum ada informasi yang valid.

Yang juga potensial mengusung calon Pilbup adalah NasDem Berau. Hasil Pileg 2024, meraih 5 kursi. Turun satu dibanding Pileg 2019. Tapi tetap terbanyak dan berhasil mempertahankan kursi ketua DPRD. Nama Agus Tantomo, mantan wakil bupati dari NasDem tidak mengikuti pendaftaran. Justru yang maju adalah Madri Pani.

Celni harus bergerak cepat. Meski keputusan penetapan calon pasangan Pilkada di tangan ketua umum DPP, tetapi masukan dari DPW sangat dibutuhkan.

Sekretaris DPW NasDem Kaltim, Fatimah Asyari optimis NasDem Kaltim berjaya. “Insyaallah dalam Pilkada 2024, NasDem Kaltim akan menyala. Apalagi dipimpin figur muda yang kaya inovasi dan terobosan. Kita yakin kk Celni mampu mengatur organisasi dengan baik,” katanya. Selamat bertugas kk Celni. Salam Restorasi.!!!(*)

Next Page »