ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Balikpapan Siapkan 10 Venue MTQ Kaltim

February 10, 2023 by  
Filed under Religi, Sosial & Budaya

Share this news

BALIKPAPAN –Menjelang pelaksanaan even Musabaqah Tilawatil  Qur’an (MTQ) ke 44 Tingkat Provinsi Kaltim awal bulan Mei mendatang, Balikpapan telah menyiapkan 10 venue.

Dari 10 venue yang sudah ditinjau dan memenuhi syarat  yaitu Venue Dome yangg akan digunakan semuanya, baik in-door maupun out-door untuk cabang Musabaqah Tilawah Anak-anak, Remaja dan Dewasa serta untuk cabang MKQ (Musabaqah Khattil Qur’an/kaligrafi. Venue Dome juga akan digunakan untuk acara puncak, yaitu pada saat upacara pembukaan maupun penutupan.

Kedua, Venue Graha Pemuda, akan dipakai untuk Cabang Tilawah Qiraat Mujawwad, Murattal Remaja, Dewasa, Canet/Cacatnetra, Venue  Aula Kantor Camat Balikpapan Selatan untuk Musabaqah Cabang Syarhil Qur’an. Venue Aula Rumah Jabatan Walikota Balikpapan untuk Cabang Hifz Al-Qur’an 10 juz dan 20 juz dan 30 juz. Venue Gedung Kesenian, untuk Cabang Fahmil Qur’an. Venue Ball Room Kampus Uniba untuk Cabang Tafsir Al-Qur’an Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

Sementara yang belum dijajaki atau disepakati adalah venue untuk Cabang Hifz Al-Qur’an Golongan Tartil 1 juz dan 5 juz Tilawah, Cabang Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an (MKTIQ) dan Cabang Musabaqah Al-Hadist.

Sebelumnya, Tim dari LPTQ Kaltim telah melakukan  peninjauan lapangan beberapa venue tempat  MTQ menindaklanjuti hasil Rapat antara LPTQ Kota Balikpapan dengan LPTQ Kaltim di Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (8/2/2002).

Rombongan LPTQ Kaltim dipimpin Wakil Ketua II, yang sehari-hari bertugas sebagai  Kepala Biro Setda Prov. Kaltim, Andi Muhammad Ishak. Turut serta dalam rombongan Wakil Ketua III, Jauhar Efendi, Sekretaris Umum, Isnaini, Wakil Sekretaris dan beberapa Ketua Bidang.

Jauhar Efendi selaku Wakil Ketua III LPTQ Kaltim ketika dikonfirmasi wartawan tentang kesiapan Balikpapan sebagai tuan rumah MTQ Tingkat Proviansi berdasarkan hasil kunjungan lapangan, menjelaskan, secara umum Pemerintah Kota Balikpapan sangat siap menghadapi even besar ini yang berlangsung pada awal Bulan Mei 2023.

Beberapa venue sudah ditinjau pada Bulan Januari yang lalu, yang dipimpin oleh   Ketua Harian LPTQ Kaltim, H.M. Syirajuddin, yang sehari-harinya bertugas sebgai Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Prov. Kaltim.

Dari peninjauan lapangan, ada venue yang sudah layak, namun sudah ada agenda yang terjadwal dengan agenda lain, sehingga tidak bisa dipakai. Ada yang ruangannya kurang luas, sehingga dikhawatirkan kalau penontonnya banyak ruangan menjadi panas. Ada pula yang tempat parkir kendaraan para undangan dan penonton diperkirakan tidak mencukupi, sehingga bisa mengganggu alur lalu lintas. Selain itu, beberapa venue yang perlu perbaikan kecil, seperti masalah plapon, pengecatan dan lain-lain. (*)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.