ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

BPS PPU Gelar FGD

February 16, 2023 by  
Filed under PPU

Share this news

PENAJAM – Badan Pusat Statistik (BPS) Penajam Paser Utara (PPU) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Kabupaten Penajam Paser Utara Dalam Angka Tahap II di ruang pertemuan Penajam Suite Hotel, Rabu (15/02/2023).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi dan kerja sama Insan Statistik di daerah untuk penguatan penyelenggaraan  statistik di Kabupaten PPU. Hadir dalam kesempatan tersebut, admin Satu Data Indonesia (SDI) dari seluruh SKPD PPU, Polres PPU, dan PT. ASDP Indonesia Ferry.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari proses pengumpulan dan  penginputan data yang telah dilakukan ke dalam portal Satu Data Indonesia oleh seluruh dinas/instansi produsen data sektoral. Melalui FGD ini, sinkronisasi data oleh masing-masing dinas/instansi dilaksanakan untuk kemudian dilakukan finalisasi data pada 18 Februari 2023.

Kepala BPS PPU, Hotbel Purba dalam sambutannya menyebut bahwa data Daerah Dalam Angka Tahun 2023 yang berisi kondisi terbaru daerah yakni pada tahun 2022 direncanakan akan dipublikasikan pada 21 Februari 2023. Data tersebut nantinya dapat diakses secara mudah oleh masyarakat melalui website BPS PPU.

Ia menambahkan ketersediaan data sangat diperlukan terutama dengan adanya Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Ia menyebut telah beberapa kali mendapat permintaan data dari pusat seperti Mabes TNI AU saat berkunjung ke IKN. Oleh karena itu, PPU harus siap untuk menyediakan data saat diperlukan.

“BPS juga, perlu kita sampaikan, untuk bisa memperoleh data itu, dari bapak/ibu sekalian. Jadi, tidak selamanya bahwa data di BPS itu selalu tersedia. Itu adalah produk dari bapak/ibu sekalian selaku produsen data dan juga wali data pendukung dari masing-masing OPD,” ucapnya.

Lebih lanjut, Ia mengapresiasi pula kehadiran dan partisipasi peserta melalui serangkaian kegiatan yang telah dilakukan guna mendukung ketersediaan data di PPU.

“Saya percaya dengan kehadiran bapak dan ibu sekalian, dengan adanya komunikasi ataupun selalu melakukan pertemuan tentang Satu Data Indonesia yang digagas oleh BPS, Bappeda maupun Diskominfo itu, saya lihat sangat mendukung dan membantu tentang kesiapan kita ataupun pemahaman kita tentang Satu Data Indonesia,” ungkapnya. (Nis/DiskominfoPPU/adv)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.