ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Komisi C DPRD Kota Batu Nilai Pembangunan Gedung SMPN 07 Tidak Sesuai Perencanan

February 14, 2023 by  
Filed under Serba-Serbi

Share this news

BATU– Komisi C DPRD Kota Batu menilai pengerjaan proyek pembangunan Gedung SMPN 07 di Kelurahan Dadaprejo Kecamatan Junrejo Kota Batu banyak kekurangan. Hal itu diketahui ketika melakukan peninjauan gedung yang sudah rampung pengerjaannya, Selasa (14/02/2023).

Ketua Komisi C DPRD Kota Batu , Khamim Tohari mengatakan kendati proyek pembangunan gedung secara fisik sudah rampung dan tinggal proses penyerahan ke Pemkot Batu, hasil dari penilaian komisi C DPRD Kota Batu terdapat banyak persoalan yang harus diperbaiki, bangunan gedung tidak sesuai dengan perencanaan.

“Meski pengerjaan pembangunan SMP Negeri 7 Kota Batu sudah selesai dikerjakan, ternyata masih banyak ditemukan beberapa titik yang dinilai tidak maksimal dan beberapa fasilitas bangunan yang kurang sesuai dan rawan rusak, ” ungkap Khamim Tohari.

Dikatakan, peninjauan dilakukan untuk memastikan bangunan yang akan diserahkan nanti benar- benar dalam keadaan baik dan layak. Setelah di cek ternyata ada beberapa rekomendasi untuk segera diperbaiki dalam waktu hingga 5 Maret.

Disebutkan, proyek pembangunan gedung SMPN 7 ini dianggarkan tahap pertama sebesar Rp 5,9 miliar. Setelah dilelang, proyek tersebut dimenangkan CV Eka Jaya Abadi dengan nilai penawaran Rp 4,3 miliar.

“Ini uang rakyat harus dipertanggung jawabkan dengan mutu bangunan yang sesuai dengan nilai proyek yang dianggarkan, jangan asal membangun ” tegas Ketua Komisi C yang juga pengusaha sukses ini.
Usai peninjauan komisi C memberikan tujuh rekomendasi yang serahkan ke Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Batu.

Ketujuh rekomendasi yang sampaikan antara lain terkait drainase induk belum ada sehingga perlu perbaikan karena masih dalam masa pemeliharaan selama 6 bulan dan direkomendasikan untuk pembongkaran paving halaman dalam perbaikan drainase tersebut.

Kedua pagar depan agar ada perbaikan juga khususnya terkait penguatnya sehingga tidak goyang. Ketiga untuk tandon air bawah tanah agar ada perbaikan karena kontruksinya kurang baik sehingga air hujan masih bisa masuk ke tandon.

Keempat untuk tulisan SMPN 7 Kota Batu agar ada penambahan angka nol di depan angka 7 yang saat ini masih belum ada.

Kelima SMPN 07 yang dicanangkan dengan konsep Green School, namun tidak ada pengerjaan landscape yang mendukung konsep itu.

Keenam pada tanggal 10 maret 2023 SMPN 07 Junrejo sudah melaksanakan proses PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) sehingga Komisi C mengharapkan perbaikan-perbaikan yang direkomendasikan oleh Komisi c dapat diselesaikan maksimal 5 maret 2023. Terakhir agar ada perbaikan-perbaikan terkait finishing ruang kelas dan fasilitas lainnya yang sudah mengalami kerusakan.

“Ketujuh rekomendasi ini akan kita serahkan ke Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Batu dan sampai 5 Maret 2023 kami meminta segera diselesaikan,” jelasnya. (bs )


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.