ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

MTQ Ke 45 Tingkat Kecamatan Samarinda Ulu 11 – 17 Februari 2023

February 10, 2023 by  
Filed under Religi, Sosial & Budaya

Share this news

SAMARINDA – LPTQ Kecamatan Samarinda Ulu dalam rangka penjaringan potensi danf bibit baru menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 45 yang dilaksanakan di Kelurahan Gunung Kelua.

Kegiatan MTQ Tingkat Kecamatan kali ini di gelar di Halaman Masjid Fastabiqul Khairat II. AW. Syahranie yang akan berlangsung selama 7 hari dimulai Sabtu malam 11 Februari 2023 hingga Jum’at 17 Februari 2023.

Persiapan MTQ telah dimulai dengan melaksanakan pelantikan Dewan Hakim Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 45 Tingkat Kecamatan Samarinda Ulu.

Lima cabang olahraga akan diperlombakan salah satunya pertama Cabang Tilawatil Qur’an Putra dan Putri terdiri dari Golongan Tartil Al-Qur’an, Golongan anak-anak, Golongan remaja, Golongan dewasa, Golongan Remaja Qira’at Al-Qur’an Mujawwad, Golongan Dewasa Qira’at Al-Qur’an Mujawwad, Golongan Remaja Qira’at Al-Qur’an murattal, Golongan Dewasa Qira’at Al-Qur’an murattal, Golongan cacat netra putera.

Kemudian kedua, Cabang Hifzh Al Qur’an Putra dan Putri terdiri dari: Golongan 1 Juz dan Tilawah, Golongan 5 Juz dan Tilawah, Golongan 10 Juz, Golongan 20 Juz dan Golongan 30 Juz. Sedangkan cabang ketiga Cabang Fahmil Al Qur’an setiap regu terdiri dari 3 orang remaja putera atau 3 Orang remaja puteri, pendidikan MTS/SMP atau MA/SMA/SMK.

Berikutnya cabang keempat Cabang Syarh Al Qur’an Setiap regu terdiri dari 3 orang remaja putera atau 3 Orang remaja puteri pendidikan MTS/SMP atau MA/SMA/SMK. Serta cabang ke lima

Cabang Khath Al Qur’an putra dan putri terdiri dari Golongan naskah (penulisan buku), Golongan Dekorasi Putera dan Puteri, Golongan Hiasan Mushaf, Golongan Kontemporer Putera dan Puteri.

Camat Samarinda Ulu, Muhammad Fahmi mengatakan kegiatan MTQ tingkat Kecamatan sudah menjadi agenda tahunan. MTQ merupakan ajang untuk menjaring/ menyaring potensi seni baca Al-Qur’an di berbagai cabang di bertandingkan. Di samping itu juga untuk menimbulkan rasa kebersamaan antara Kecamatan dengan kelurahan.

Kegiatan dilakukan untuk memberi motivasi pada para peserta khususnya dan masyarakat umumnya, untuk mencintai, mempelajari, memahami, dan mengamalkan nilai-nilai atau kandungan Al-Qur’an baik secara individu keluarga, maupun masyarakat. Karena didalam Al-Qur’an itu sendiri adalah sebagai tuntunan dalam kehidupan baik dunia maupun akhirat.

Peserta MTQ tahun ini lebih banyak di bandingkan tahun kemaren. Dimana tercatat ada 148 orang dari 8 Kelurahan se Kecamatan Samarinda Ulu.

Dirinya pun memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kerja panitia MTQ yang secara kompak dan saling berkoordinasi mensukseskan acara.

“Kita yakin dan mampu menjadi tuan rumah yang sukses melaksanakan MTQ ke 45,” tegasnya.

Adanya MTQ ini tentunya akan melahirkan qori dan qoriah yang berkualitas serta berprestasi, baik di tingkat kecamatan, kota, provinsi, bahkan nasional.(Sumardi)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.