ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Banmus DPRD Kubar Bahas LKPJ Bupati Tahun 2020

March 4, 2021 by  
Filed under Serba-Serbi

Share this news

Ketua DPRD Kubar Ridwai

SENDAWAR – Badan Musyawarah (Banmus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) membahas Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Tahun 2020 di ruang rapat kantor DPRD Kubar, Selasa (2/3/2021).

Ketua DPRD Kubar Ridwai saat ditemui di kantornya mengatakan, tahun anggaran 2020 berahir di bulan Desember lalu. Dalam aturan perundang undangan yang berlaku, setelah tiga bulan bupati wajib menyampaikan LKPJ tahun 2020 di bulan Maret ke DPRD.

Selain itu, beberapa agenda penting lain yang dibahas diantaranya akan mengundang Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait pertanian dan pendidikan.

Dikatakan Ridwai, Bamus akan mengundang Dinas Pertanian terkait plasma kebun sawit. Dalam undang – undang ada penegasan tentang masyarakat yang bermitra dengan perusahaan kelapa sawit melalui kebun plasma. Kenyataannya, kebun plasma itu hanya merupakan dongeng belaka. Hingga saat ini belum terpenuhi kebun plasma yang dijanjikan ke masyarakat.

“Kita akan telusuri itu nanti apakah sudah terpenuhi syarat yang 20 persen kebun plasma dari besar Hak Guna Usaha (HGU) perusahaan sawit tersebut,”bebernya.

Ridwai menyampaikan, selama ini tidak ada kejelasan dari perusahaan sawit mengenai lokasi kebun plasma.

“Belum ada kejelasan apakah kebun plasma termasuk dalam HGU atau tidak,” ujarnya.

Hal ini menurutnya perlu dicarikan jalan keluarnya oleh Dinas Pertanian, Perijinan dan Disprindakop.

DPRD juga akan mengundang Dinas Pendidikan yang saat ini melakukan belajar secara daring masih terlihat kurang efektif. Karena perlu dicarikan solusi agar siswa yang berada di kampung-kampung bisa belajar sungguh-sungguh.

“Kami mendorong kepada Dinas Pendidikan untuk meneruskan kepada kasi pendidikan yang ada di kecamatan agar lebih pro aktif mengontrol dan memonitor agar anak – anak ini betul-betul belajar dan para guru benar-benar mengajar,”katanya. (arf)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.