ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Siapkan Holtikultura Estate, Penyangga Pangan Untuk IKN Nusantara

March 2, 2022 by  
Filed under PPU

Share this news

PENAJAM– Dihadapan para  masyarakat dalam organisasi Kontak Tani Nelayan Nasional (KTNA) Kabupaten Penajam Paser Utara,  Plt. Bupati Hamdam menghimbau kepada  seluruh para petani dan dan nelayan yang tergabung dalam KTNA untuk mempersiapkan diri dan membaca peluang seiring ditetapkannya Kabupaten Penajam Paser Utara menjadi bagian dari Ibu Kota Negara IKN Nusantara.

“Kta harus optimalkan lahan pertanian yang ada, termasuk lahan empang  serta sektor-sektor lainnya. Kedepan hadirnya IKN Nusantara ini harus menjadi peluang, potensi besar yang kita miliki sangat menjadi alasan sebagai penyumplai kebutuhan pangan untuk kawasan IKN dan bukan jadi penonton atau terasingkan di rumah sendiri,” ucap Hamdam, Rabu, (2/3/2022).

Ia juga menjelaskan terkait lahan pertanian, perkebunan bahkan lahan empang kita yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara sangat berpotensi, hanya saja persoalan sentuhan kebijakan yang masih sangat minim khususnya sektor alokasi anggaran dan jika hanya berharap dengan APBD kita sungguh sangat terbatas dan tertinggal oleh pembangunan IKN Nusantara

“Pemerintah daerah bersama perwakilan legislatif dan Ketua Umum KTNA Pusat yang hadir bersama ini terus berupaya dengan meminta dukungan pemerintah pusat melalui alokasi APBN dalam pengembangan sektor pertanian, pangan, dan sara pendukung SDM Kabupaten Penajam Paser Utara bersama dengan pembangunan IKN Nusantara”

Lanjutnya, Hamdam juga mengungkapkan melalui pertemuan dan rembug bersama khususnya dengan Ketum KTNA Pusat ini kiranya menjadi bagian dalam mensuport sektor hasil pangan dan para petani nelayan yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara nantinya ikut berkontribusi langsung dan menjadi penggerak ekonomi di sektor penghasilan pangan baik untuk Penajam Paser Utara maupun bagi IKN Nusantara. Pungkasnya

Ketua Umum Kontak Tani Nelayan Nasional Pusat Yadi Sofyan Noor menyampaikan kunjungannya di Kabupaten Penajam Paser Utara ini dalam rangka koodinasi langsung dengan para jajaran KTNA Kabupaten Penajam Paser Utara seiring ditetapkannya Kawasan Penajam Paser Utara menjadi IKN Nusantara

“Ini momentum sektor pertanian dan pangan untuk IKN Nusantara, lihat peluang, manfaatkan lahan yang ada. Kedepan kebutuhan pangan untuk IKN bisa dipenuhi dari Kabupaten Penajam Paser Utara yang meliputi buah-buahan segar, sayur-sayuran, bahkan ikan dari olahan tambak/empang para masayrakat yang terhimpun dalam KTNA Kabupaten Penajam Paser Utara,” ujarnya.

Seiring peluang pertanian ini, Ia selaku Ketum KTNA Pusat berharap di Kabupaten Penajam Paser Utara dapat dibangun dan dikembangkan Holtikultura Estate yang terintegrasi sehingga hasil pangan baik buah, sayur, ikan tidak lagi didatangkan dari luar tetapi langsung disuplai dari Kabupaten Penajam Paser Utara baik untuk Kaltim maupun untuk IKN Nusantara yang lokasi sangat dekat

“Holtikultura Estate ini menjadi wajah baru sektor pertanian dan pangan di Kabuapten Penajam Paser Utara, kita harus yakin dan bisa mengelola hasil pertanian ini karena jika ini terbangun maka Kabupaten Penajam Paser Utara akan menjadi sektor penyangga pangan untuk IKN Nusantara,” pungaksnya (*/ADV)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.