ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

BMKG Pastikan Gelombang Panas Asia Tak Sampai Jawa Timur

April 25, 2023 by  
Filed under Serba-Serbi

Share this news

SURABAYA– Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda, Taufiq Hermawan memastikan gelombang panas yang terjadi di Asia tidak akan sampai ke Jawa Timur meski dalam dua hari terakhir suhu di Jatim terasa lebih panas.

Dalam keterangan tertulisnya Taufiq Hermawan  menjelaskan dari hasil pengamatan, suhu maksimum wilayah Indonesia tercatat 37,2 derajat Celsius. Sedangkan wilayah Jatim tercatat suhu maksimum harian mencapai 35,4 derajat Celsius, Senin (  24 /4/ 2023 ).

Kondisi gelombang panas ini dapat ditetapkan apabila memenuhi dua indikator statistik suhu kejadian. Pertama, gelombang panas umumnya terjadi di wilayah yang berada pada lintang menengah hingga lintang tinggi, berdekatan dengan daratan yang luas seperti wilayah kontinental dan sub-kontinental. Kedua, secara indikator statistik suhu kejadian, menurut Badan Meteorologi Dunia (WMO), gelombang panas atau heatwave didefinisikan sebagai periode cuaca dengan kenaikan suhu lebih dari 5 derajat Celsius dari rata-rata klimatologis suhu maksimum di suatu lokasi, selama lima hari berturut-turut atau lebih.

“Wilayah Indonesia tidak mengalami gelombang panas karena berada di wilayah ekuator dengan kondisi geografis kepulauan dan dikelilingi perairan yang luas,” kata Taufiq, Selasa (25/4/2023).

Taufiq mengungkapkan wilayah Jatim diapit oleh Laut Jawa di sebelah Utara dan Samudera Hindia yang luas di sebelah Selatan. Dan dalam sepekan terakhir, suhu maksimum di wilayah Jawa Timur berkisar antara 33 – 35 derajat Celsius.

“Masih dalam kisaran normal klimatologi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” lanjutnya.

Oleh karrna itu, Taufiq berharap masyarakat tidak perlu panik dengan fenomena gelombang panas Asia yang saat ini melanda sejumlah negara dengan suhu yang sangat tinggi. Masyarakat diimbau untuk tidak panik menyikapi informasi yang beredar mengenai gelombang panas tersebut. Kami sarankan untuk mengonsumsi cukup air putih agar tidak mengalami dehidrasi, selain itu sebaiknya menggunakan pakaian tertutup atau tabir surya apabila beraktivitas di luar ruangan. (Buang Supeno)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.