ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Delegasi Pengusaha Jepang Tinjau Pembangunan IKN

April 1, 2023 by  
Filed under PPU

Share this news

PENAJAM – Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Hamdam bersama rombongan Direktur Jendral (Dirjen) Cipta Karya PUPR dan jajaran perwakilan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mendampingi puluhan Pengusaha Jepang ke Proyek Pembangunan Ibu Kota Nusantara, Sabtu (01/04/2023).

Kurang lebih sebanyak 50 delegasi dari Jepang meninjau proyek pembangunan IKN Nusantara yang berada di Kecamatan Sepaku Kabupaten PPU. Puluhan delegasi yang berpotensi menjadi investor dalam rangka kerjasama pembangunan IKN Nusantara ini dipandu Dirjen Cipta Karya, Diana Kusumastuti beserta jajaran perwakilan OIKN mengelilingi lokasi proyek pembangunan secara langsung.

Hiroto Izumi, Penasihat senior Japan Bank for Interriational Cooperation (JBIC) sebagai pimpinan delegasi mengatakan, rombongan calon investor tersebut terdiri dari sejumlah perusahaan public di Jepang. Bahkan, ia mengatakan sudah ada beberapa perusahaan publik lain dari Jepang yang sudah berkunjung ke Kawasan IKN Nusantara pada Januari lalu.

Sebelumnya delegasi dari Negeri Sakura ini diundang langsung oleh Bapak Menteri  PUPR, Basuki Hadimuljono untuk melihat progress pembangunan IKN.

“Menteri PUPR (Basuki Hadimuljono) mengundang kami untuk melihat langsung pembangunan IKN Nusantara,” kata Hiroto dalam siaran pers, Jumat (31/03/2023) lalu

Dia juga mengatakan, para delegasi sebelumnya sudah membuat seminar khusus untuk mempelajari konsep IKN Nusantara tersebut. Menurut dia, para pengusaha Jepang ingin mengetahui lebih banyak dan detil tentang proyek tersebut. Bahkan, delegasi membentuk tim khusus yang nantinya akan mempelajari sejumlah peluang kerja sama dalam pembangunan IKN Nusantara itu.

“Di kalangan swasta perwakilan perusahaan terkemuka di Jepang telah mempertimbangkan keterlibatan dalam proyek yang akan datang di IKN,“ Kata dia

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat membenarkan telah mengundang sejumlah calon investor dari Jepang untuk melihat proyek pembangunan IKN. Sekjen Kementerian PUPR, Mohammad Zainal Fatah mengatakan kedua Negara memiliki rekam jejak kerjasama yang panjang.

“Indonesia dan Jepang sudah kerja sama selama 65 tahun Dengan dernik an tentu kita semua bersama sama untuk saling memperkuat dukungan dan saling belajar,” tutupnya. (adv hms/kominfo PPU)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.