ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

DPK Kaltim Tingkatkan Minat Baca Warga Panti Sosial

April 5, 2023 by  
Filed under Kalimantan Timur

Share this news

SAMARINDA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim terus berupaya meningkatkan mint abaca masyarakat Kalimantan Timur. Selain bagi masyarakat yang berkunjung ke perpustakaan DPK Kaltim juga menyasar seluruh masyarakat dari berbagai latar belakang hingga mereka yang kesulitan memperoleh akses membaca.

DPK Kaltim mempunyai segudang cara, salah satunya melalui program layanan perpustakaan keliling. Program yang digerakkan melalui tiga unit mobil perpustakaan keliling menyasar masyarakat. Salah satunya warga binaan pada unit sosial seperti panti sosial hingga lembaga pemasyarakatan.

Kepala Bidang Layanan, Otomasi, dan Kerjasama, Hj. E.Mustika Wati, menjelaskan program perpustakaan keliling (Pusling) menjadi harapan bagi siapapun untuk mengembangkan dirinya serta menjadi cerdas melalui buku.

“Program ini bergerak sudah lama. 2023 ini berjalan kembali sejak Maret dengan setiap bulannya akan diperbaharui koleksi buku sebanyak 100 buku pada masing-masing lembaga,” tutur perempuan yang akrab disapa Ika tersebut, Rabu (5/4/2023).

Saat ini sistem perpustakaan keliling dengan metode drop book. DPK Kaltim akan menyalurkan buku yang akan diperbaharui koleksi bukunya selepas satu bulan disalurkan. Jenis koleksi buku yang disalurkan juga menyesuaikan dengan minat dan latar belakang masyarakat.

“Penyaluran buku per bulannya dibagikan pada setiap pekan pertama dan kedua. Harapannya koleksi buku ini dapat membuka akses bagi masyarakat agar siapapun dapat membaca buku dimana pun mereka berada,” ucap Ika.

Terdapat 6 unit sosial yang memperoleh bantuan buku oleh DPK Kaltim pada bulan April di antaranya, Panti Sosial Perlindungan Anak Dharma Samarinda, Panti Sosial Asuhan Anak Harapan Samarinda, Panti Sosial Bina Remaja Samarinda, Rumah Tahanan Negara Samarinda, Lembaga Pemasyarakatan Samarinda, Lembaga Pemasyakaratan Narkotika Samarinda.(adv-dpk kaltim)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.