ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

IKWI Kaltim Berbagi di Panti Asuhan Kasih Bunda Utari

April 10, 2023 by  
Filed under Religi, Sosial & Budaya

Share this news

SAMARINDA – Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Provinsi Kalimantan Timur melakukan berbagi berkah Ramadan dengan mengunjungi Rumah Perlindungan Pemulihan Psikososial / Rumah Aman Panti Asuhan Kasih Bunda Utari di bawah Yayasan Kharisma Pertiwi di Jalan Padat Karya Sempaja Samarinda, Minggu (9/4/2023)

“Bingkisan yang kami berikan tidak seberapa dibanding perjuangan ibu Utari mengasuh hampir seratus anak dalam mengantarkan mereka menjadi anak yang sholeh-sholehah demi mengantarkan masa depan lebih cerah,” ucap Ketua IKWI Kaltim sembari mengusap dan mengelus kepala anak-anak penghuni panti.

Nur Jaya  didampingi Wakil Ketua Bidang Organisasi Hj. Nani Heriyani, Wakil Ketua Bidang Pendidikan Lilik Erna, Sekretaris Mardianiwati, dan beberapa orang anggota mengatakan, kunjungan ke pamti asuhan ini merupakan salah satu program sosial IKWI Kaltim.

Maria Novita pengasuh Panti Kasih Bunda Utara mengungkapkan, panti ini dikhususkan untuk anak-anak korban kekerasan dalam rumah tangga, kekesaran seksual, yang didirikan sejak tahun 2001 oleh ibu Sri Utari yang saat itu bekerja di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Wahab Sjahranie Samarinda yang melakukan visum-visum terhadap anak korban kekerasan yang dirawat di RSUD Abdul Wahab Sjahranie.

Setelah selesai dirawat anak-anak korban kekerasan tersebut sementara di tampung di Panti Kasih Bunda Utari ini, sambil menunggu sidang. Jika sudah selesai proses hukumnya jika anak-anak mau kembali ke keluarganya akan kembalikan. Namun jika tetap memilih tinggal disini di panti akan di sekolahkan hingga selesai kuliah.

Maria mengungkapkan jumlah anak asuh di panti kasih bunda Utari saat ini berjumlah 98 anak, mulai dari usia 2 tahun hingga 18 tahun. Mereka diasuh 20 orang, diantaranya yang tinggal di panti sebanyak 8 orang sementara yang 12 orang pulang jika sudah selesai pekerjaannya, termasuk yang tugas memasak di dapur.

Sementara itu Bunda Sri Utari yang ditemui media ini ditengah-tengah kesibukannya menyiapkan hidangan untuk berbuka puasa di dapur panti mengungkapkan saat ini panti memiliki tiga tempat untuk asrama yaitu di Jalan Padat Karya, Perumahan Kayu Manis Sempaja dan di Berambai.

“Untuk menopang ekonomi panti, kami ada usaha cafe, namanya sweet memories cafe yang terletak di Jalan Wahid Hasyim 2 diseberang SPBU Pertamina. Kalau bapak-ibu ada acara bisa ditempat kami, keuntungan usaha ini untuk menghidupi warga panti,” jelas Utari.

Utari juga menyampaikan, panti ini melakukan pembinaan pemulihan kesehatan mental anak. Pembinaan yaitu dengan penguatan spiritual melalui kegiatan pengajian, kultum dan kegiatan lain yang bersifat kerohanian. Sedangkan untuk anak yang mengalami beban moral atas tindakan kekerasan seksual dilakukan dengan menghadirkan psikolog khusus yang bertujuan untuk memberikan pembinaan dan arahan kepada korban. (mun)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.