ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Pemkab PPU Jadwalkan Gelar Pasar Murah dan Operasi Pasar

April 5, 2023 by  
Filed under PPU

Share this news

Saidin

PENAJAM – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melalui Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (KUKM Perindag) PPU bekerja sama dengan Perusahaan Umum (Perum) BULOG, Induk Koperasi Pedagang Pasar (INKOPPAS) dan Bank Indonesia (BI) menjadwalkan kegiatan Operasi Pasar dan Pasar Murah mulai tanggal 10 April 2023 hingga 18 April 2023 pada sembilan titik di Kabupaten PPU.

Operasi Pasar akan diselenggarakan di empat titik, yakni: halaman Kantor Kelurahan Pejala (15 April 2023), halaman Kantor Desa Bangun Mulya (16 April 2023), halaman Kantor Desa Babulu Laut (17 April 2023), dan halaman Kantor Kelurahan Pemaluan (18 April 2023). Operasi Pasar rencana akan dimulai pada pukul 10.00 WITA di masing-masing titik.

Selain itu, Pasar Murah akan diselenggarakan di lima titik, yakni: Kelurahan Gunung Seteleng, Penajam (10 April 2023), Desa Sidorejo, Penajam (11 April 2023), halaman Kantor Camat Waru (12 April 2023), lapangan sepak bola Babulu (13 April 2023), dan lapangan sepak bola Desa Sukaraja, Sepaku (14 April 2023). Kegiatan rencana akan dimulai pada pukul 15.00 WITA di kelima titik tersebut.

“Ketika mendekati hari H itu kan harga pasti bergejolak naik. Caranya pemerintah menekan ini, mengimbangi ini, ya tentu dilakukan dengan Pasar Murah ini,” kata Kepala Dinas KUKM Perindag PPU Saidin saat ditemui di ruangannya, Rabu (05/04/2023).

Ia menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk menekan kenaikan harga bahan pokok dan membantu masyarakat memenuhi kebutuhan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Saat ini persiapan telah dilakukan dan pertemuan finalisasi dengan stakeholder terkait .

Saidin menyampaikan BI membantu untuk memfasilitasi kegiatan dan Perum Bulog akan menyiapkan ketersediaan barang. Pemkab PPU sendiri akan menyiapkan lokasi serta fasilitas terkait yang dibutuhkan. Selain itu, Saidin mengungkapkan tengah mengusahakan toko ritel dan produk UKM untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan pasar murah tersebut.

“Kita harapkan dia (toko ritel) bisa mengisi, selain barang-barang yang dari BULOG itu, juga dari ritel-ritel yang ada itu,” ungkapnya.

Harga yang ditetapkan dalam kegiatan Pasar Murah merupakan harga di bawah harga pasar. Hingga saat ini, diketahui terdapat tiga harga bahan yang telah ditetapkan.

“Beras premium (Rp 60.000/5 kg), Tepung Kita (Rp 13.000/kg), dan Gula Kita (Rp 14.500/kg),” sebut Saidin seraya menjelaskan selain ketiga komoditas tersebut, telur dan bawang akan diusahakan tersedia pada pasar murah kali ini.

Saidin juga mengungkapkan tidak ada ketentuan khusus bagi masyarakat PPU untuk bertransaksi di Pasar Murah. Masyarakat dapat langsung datang dan membeli barang. Hanya saja pembelian akan dibatasi sesuai dengan ketersediaan barang yang ada agar semua masyarakat mendapatkan barang tersebut dengan harga murah.(adv Diskominfo PPU)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.