ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

RSUD Pratama Sepaku Dapat DAK Rp20 Miliar

April 8, 2023 by  
Filed under Kesehatan

Share this news

dr. Jansje Grace Makisurat

PENAJAM – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pratama di Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) di tahun 2023 ini, mendapat kebagian Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI).

Bantuan anggaran digelontorkan untuk meningkatkan fasilitas kesehatan RSUD Pratama. Karena seiring berjalannya pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di wilayah tersebut.

“Anggaran peningkatan fasilitas kesehatan RSUD Pratama Sepaku dari DAK (dana alokasi khusus) Kemenkes,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten PPU dr. Jansje Grace Makisurat, Sabtu (8/4/2023) kemarin.

Dijelaskan dr. Grace, pada tahun ini RSUD Pratama Sepaku menerima anggaran senilai Rp20 miliar. Peruntukan dari angka tersebut Rp12 miliar membangun pembangunan fisik dan Rp8 miliar untuk alat kesehatan.

Selain untuk melayani masyarakat lokal, nantinya rumah sakit tersebut juga dipersiapkan untuk pekerjaan pembangunan Infrastruktur IKN Nusantara. Rencananya, RSUD Pratama Sepaku itu akan memiliki status rumah sakit tipe c dan dijadikan rumah sakit trauma center di IKN Nusantara.

“Rumah sakit trauma center ini digunakan untuk menangani pasien khusus kecelakaan lalu lintas, kecelakaan kerja dan lainnya,” ucapnya.

Grace juga menjelaskan jika Rumah sakit trauma center melayani pasien seperti kecelakaan lalu lintas, kecelakaan kerja, patah tulang luka, terutama pekerja pembangunan infrastruktur IKN Indonesia baru.  Kemenkes berencana mengubah perencanaan RSUD Pratama Sepaku dengan kapasitas layanan yang memadai. Pasalnya, fasilitas RSUD Pratama Sepaku belum memadai untuk pelayanan kesehatan bagi pekerja pembangunan infrastruktur di IKN Nusantara.

Selain mendapatkan anggaran senilai Rp20 miliar deri DAK, RSUD Pratama Sepaku juga akan kembali mendapatkan penambahan anggaran pembangunan fisik dan alat kesehatan dari Kemenkes Rp115 miliar.

“Anggaran tersebut untuk penambahan gedung Rp80 miliar dan Rp35 miliar untuk alat kesehatan,” pungkasnya. (*/ADV)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.