ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

BNPT dan FKPT Jatim Gelar Program Kenduri 

May 4, 2023 by  
Filed under Serba-Serbi

Share this news

BATU – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jawa Timur mengadakan acara Kenduri (Kenali dan Peduli Lingkungan Sendiri) Desa Damai dalam pencegahan radikalisme dan terorisme.  .di Balai Desa Sidomulyo Jl. Bukit Berbunga No.47 Desa Sidomulyo Kecamatan Batu Kota Batu Jawa Timur, Rabu  (3/5/2023)

Pelaksanaan Kenduri sebagai upaya pencegahan radikalisme dan terorisme, serta dalam rangka merawat perdamaian, toleransi dan kebhinnekaan Indonesia  Kol.(Sus). Harianto . Kasubdit Asia Pasifik & Afrika BNPT RI mengatakan kegiatan yang dilakukan melalui forum kenduri sebagai langkah mensinergikan antara kekuatan yang dimiliki oleh FKPT sebagai  mitra atau kepanjangan  dari  BNPT  dengan  Pemerintah  Provinsi  Jawa Timur dalam hal ini  didukung melalui  Kesbangpol Provinsi  Jawa Timur.

“Dengan mensinergikan antara kekuatan yang dimiliki oleh FKPT sebagai  mitra atau kepanjangan  dari  BNPT  dengan  Pemerintah  Provinsi  Jawa Timur dalam hal ini  didukung melalui  Kesbangpol Provinsi  Jawa Timur. Kali ini dilaksanakan  di Desa Sidomulyo, dimana  peran dari  Pemerintah  Kota Batu  khususnya  di Desa Sidomulyo  ini luar biasa.” Jelas Harianto.

Dikatakan, sinergi itu  harus  total dari semua elemen  bangsa. mulai tingkat pusat daerah dan lapisan masyarakat, seperti di Desa Sidomulyo ini sudah  tercipta. Semua ini  tidak  mungkin  terwujud  begitu  saja, tentu ada proses rasa kesadaran  yang  tinggi  dari masyarakat  dan tentunya  di dukung oleh semua elemen  yang  terlibat.

“Kami sangat presiasi yang cukup tinggi  atas dilaksanakannya Kenduri Desa Damai dilaksanakan  di Desa Sidomulyo  Kota Batu  ini, “ ungkapnya.

Sementara itu Ketua FKPT Jawa Timur Hj. Hesti Armiwulan mengungkapkan Program  yang digagas oleh BNPT ini,  pada prinsipnya  merupakan pencegahan intoleransi radikalisme. Dengan keluarnya Perpres No.  7 tahun 2022 tentang Rencana Aksi Nasional Penanggulangan Ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme. Sikap  kesiapsiagaan harus   mulai  dari  awah.

“Adanya pelibatan masyarakat dalam meningkatkan kesiapsiagaan  sehingga  terciptalah program  yang  namanya  Kenduri ini yang bisa dimaknai sebagai makan bersama, berdiskusi,  berdoa  dan ada kebersamaan, “ tandasnya.

Kenduri yang kepanjangnnya Kenali Dan Peduli  Lingkungan  sendiri. Merupakan program meningkatkan kewaspadaan, dimulai  dari masyarakat  secara  langsung. Kebetulan  FKPT Jawa Timur sudah ada kerjasama yang baik dengan Kota Batu terutama  Pokja Desa Damai yang tahun 2021  yang dirintis  bekerjasama dengan Wahid Foundation. Ternyata program BNPT in sinergitas, ada kolaborasi yang secara  langsung  di Kota  Batu karena ada Desa Damai.

Kegiatan Kenduri dihadiri oleh Kasubdit Kerjasama Asia Pasifik & Afrika BNPT RI mewakili Kepala BNPT, Kepala BakesbangPol Provinsi Jawa Timur, Asisten 1 Pemerintah Kota Batu Susetyo Herawan mewakili PJ Walikota Batu, perwakilan OPD, Kepala Desa Sidomulyo, Kepala Desa Mojorejo, Pengurus Desa Damai Kabupaten Malang dan Desa Damai Kota Batu, Perwakilan Organisasi Masyarakat, serta Perwakilan Ummat Beragama. (Buang Supeno)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.