ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

MTQ Tingkat Provinsi Ke-43, Diikuti 9 Kabupaten dan Kota di Kaltim

May 24, 2022 by  
Filed under Berita

Share this news

SAMARINDA – MTQ ke-43 tingkat provinsi Kaltim diikuti oleh 847 peserta dari sembilan kabupaten/kota di Kaltim, minus Kabupaten Mahakam Ulu. Secara resmi dibuka oleh Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor (Senin, 23/05/2022). Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Kaltim ke-43 berlangsung dari tanggal 21-29 Mei 2022 di halaman parkir Stadion GOR Segiri Samarinda.

Adapun masing-masing kabupaten/kota mengirim perwakilannya dengan rincian ; kafilah Samarinda sebanyak 98 orang, Kutai Kartanegara 147 orang, Balikpapan 107 orang, Kutai Timur 80 orang, Bontang 80 orang, Paser 95 orang, Berau 80 orang, Penajam Paser Utara 80 orang, Kutai Barat 80 orang.

Gubernur Kaltim Isran Noor, menandai pembukaan MTQ Tingkat provinsi Kaltim dengan penabuhan bedug. Isran Noor didampingi oleh Wali Kota Samarinda sebagai Ketua Panitia Andi Harun, dan Kepala kementerian Agama Kaltim, H. Maswaran serta didampingi oleh beberapa kemenag Kabupaten/Kota.

Dalam sambutannya, Isran Noor mengatakan kegiatan ini merupakan suatu kegiatan yang sangat baik untuk dilaksanakan terus setiap tahunnya.  Gubernur berharap agar MTQ yang ke-43 ini dapat bermanfaat dan dapat memberikan keberkahan pada masyarakat Kaltim.

Menurut gubernur, ajang MTQ adalah momentum bagi masyarakat Kaltim untuk menciptakan masyarakat yang sejahtera dan agamis

“Syiar Islam diharapkan dapat menjadikan masyarakat Kaltim diharapkan mendapatkan rahmat dari Allah SWT. Selamat ber musabaqah. Semua keberkahan dan manfaat kita dapatkan,” ujar Isran pada Senin malam, (23/5/2022).

Sementara itu, tempat atau arena lomba yang digunakan untuk MTQ ke 43 adalah di Majelis 1 di lapangan GOR Segiri, Majelis 2 di Masjid Al Jihad MAN 2, Majelis 3 di Aula Gedung Kehutanan Provinsi Kaltim, Majelis 4 di Aula Perpustakaan Samarinda, Majelis 5 di Dinas Sosial Kaltim.

Acara pembukaan MTQ ke-43 ini ditutup dengan pertunjukan Sendratari kolosal “Gema Iqra di Bumi Etam” yang disutradarai oleh Hamdani yang menceritakan tentang syiar Islam dan menjadikan raja Kutai Kartanegara untuk masuk dalam agama Islam. Kemeriahan juga dirangkai kemeriahan pesta kembang api yang meluncur ke udara.

Selain Wali Kota Samarinda, Andi Harun dan Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor beserta Wakil Gubernur, Hadi Mulyadi, turut hadir Wali Kota dan Bupati Se-Kalimantan Timur, Kepala Kementerian Agama Provinsi Kaltim, H Masrawan, dan seluruh Kemenag Kota/Kabupaten se-Kaltim. (yan/hd/adv/kominfo kaltim)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.