ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Penyerapan Anggaran Tahun 2022 Belum Maksimal

May 10, 2023 by  
Filed under Kutai Timur

Share this news

SANGATTA – Anggota DPRD Kutim Piter Palanggi menilai, penyerapan anggaran tahun 2022 lalu belum maksimal di semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Walaupun sudah mencapai sekitar 80 persen, namun belum optimal.

Piter berharap penyerapan anggaran tahun 2023 bisa menjadi lebih baik lagi. Sehingga program yang telah disusun dengan baik oleh OPD, bisa dikerjakan dengan baik.

“Dengam dukungan anggaran yang cukup memadai, saya harap pemerintah lebih bisa mengoptimalkan seluruh instrumen yang ada. Dengan dmeikian, program pembangunan yang sudah direncanakan bisa segera terwujud, demia pelayanan dan kesejahteraan masyarakat” ujar Piter, usai mengikuti heraring terkait Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Kutim tahun anggaran 2022, di gedung DPRD, Selasa (9/5/2023).

Piter Palanggi

Kendati penyerapan anggaran belum maksimal, namun dinilai anggota dewan sudh cukup lumayan. Sebab, secara total anggaran yang ada, bisa terserap sekitar 80 persen.

“Dari catatan yang ada di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD), memang tidak mencapai 100 persen dalam penyerapan anggarannya. Namun menurut saya sudah baik, karena bisa 80 persen terserap,” katanya.

Ketika disinggung penyebab sebagian OPD tidak mampu menyerap anggaran hingga 1001 persen yang sudah digelontorkan untuk pembiayaan program pembangunan tersebut, dirinya menyebut  karena lambatnya pengesahan anggaran perubahan tahun 2022.

Berkaca dari hal tersebut, dia berharap tahun 2023 ini penuyerapan anggaran di semua OPD bisa lebih maksimal lagi. Sehingga program kerja yang ditunjang dengan anggaran yang memadai, bisa terlaksana dengan baik dan peningkatan kesejahteraan masyarakat lebih meningkat.

Dikatakan,  belum maksimal penyerapan anggaran kemungkinan terkendala di Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD). Selain itu, anggaran perjalanan dinas juga tidak banyak terserap,

“Diperkirakan waktunya mepet, terutama pada APBD Perubahan,” ucap politisi dari Partai Nasdem ini.

Piter yang saat ini menjabat sebagai Ketua Komisi A Bidang Pemerintahan berharap, agar Pemkab Kutim mampu  merencanakan program pembangunan secara baik dan terukur. Sudah selayaknya perencanaan ditata sedemikian rupa, sehingga penyerapan anggaran bis maksimal. (adv)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.