ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

 YPBLBN Kota Batu Ingin Rawat Keberagaman Budaya

May 25, 2023 by  
Filed under Serba-Serbi

Share this news

BATU – Pendiri Yayasan Pelestarian Budaya Luhur Bumi Nusantara  (YPBLBN) kota Batu,  Agus Budi Cahyono mengungkapkan keragaman budaya merupakan salah satu kekayaan yang sangat penting bagi bangsa Indonesia.

Den Beiy panggilan akrab Agus Budi Cahyono mendirikan organisasi ini bermula dari beragamnya suku di Indonesia yang memiliki lebih dari 400 suku bangsa. Otomatis kekayaan dari ratusan suku bangsa ini memiliki ciri khas budayanya masing-masing. Sementara budaya yang ada di Kota wisata Batu mulai tergerus globalisasi.

“YPBLBN ingin menyelamatkan  budaya orang Batu khususnya dan Malang Raya pada umumnya agar tetap eksis sehingga anak cucu tidak hanya mengenal namanya saja melainkan bisa menikmati dan memainkan bahkan bisa merawat serta mengembangkan ke depannya sebagai warisan bangsa ” Ungkap Den Beiy usai peresmian dan syukuran YPBLBN bertempat di sanggarnya Jalan Raya Abdul Ghani No.14 Ngaglik Kecamatan Batu, Rabu ( 24/5/2023 ) malam.

Sebagai sebuah organisasi nirlaba, Den Beiy menyampaikan YPBLBN  didirikan untuk menjaga integritas tradisi budaya Indonesia khususnya Batu dan meningkatkan kehidupan berbudaya di masyarakat Indonesia.

Ia menyebut dengan melestarikan budaya sama dengan  mempromosikan warisan budaya Indonesia, khususnya Batu.  YPBLBN diharapkan bisa terus menjaga integritas budaya Indonesia dan meningkatkan kehidupan berbudaya di masyarakat Indonesia. Dengan melestarikan budaya sama dengan mempromosikan warisan budaya.

Budaya yang dilestarikan oleh YPBLBN bukan hanya dari sastra seperti Macapat saja tetapi juga dari seni budaya lain seperti tarian, musik, film dan kuliner. YPBLBN tidak hanya berupa sastra macapat saja, tetapi juga tari-tarian juga ada musik, film, kuliner.

“Pelestarian budaya itu sangat luas, kita mencoba untuk satu satu menyebarkannya,” tutur Den Beiy.

Salah satu program yang dirintis dengan menggelar acara macapatan  dan gelar seni lainnya di Alun- Alun Kota Batu sebulan dua kali.

Sementara itu Ketua YPBLBN Yoyok Yuliono menyebutkan dalam kegiatannya sengaja melibatkan anak muda dengan harapan anak muda diminta untuk bisa lebih menggaungkan budaya Indonesia khususnya Batu dengan kemampuan mereka masing-masing.

” Nantinya YPBLBN akan melibatkan kawula muda dan  kita berharap generasi muda atau milenial lebih mengenal dan adat istiadat daerah Batu semoga nanti gaungnya lebih besar.,” katanya

Disebutkan YPBLBN saat ini tengah berupaya menjalin kerja sama dengan berbagai pihak yang memiliki visi yang sama, yaitu melestarikan budaya Indonesia. Tidak hanya sekadar menjadi maha karya semata, tetapi juga bisa menjadi devisa negara yang membawa kesejahteraan bagi para pelaku budaya. (Buang Supeno).


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.