ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Administratur Perhutani KPH Malang Setujui Jalur Klemuk Batu Dibuat Jalur Penyelamatan

June 16, 2023 by  
Filed under Serba-Serbi

Share this news

Loesy Triana

BATU – Administratur Perhutani KPH Malang Loesy Triana menyetujui keinginan Pemkot  Batu yang membuka jalan penyelamatan di kawasan Klemuk Songgoriti Batu yang rawan kecelakaan.

Ditegaskan, Perhutani akan mendukung setiap program dan langkah untuk kebaikan dan penyelematan pengguna jalan serta pembangunan fasilitas umum

“Semestinya dilakukan koordinasi terlebih dahulu, bukan langsung bertindak. Mengatasi permasalahan di jalur rawan Klemuk Songgoriti bisa dibicarakan dan Perhutani  mendukung  sepanjang untuk kebutuhan masyarakat dan merupakan fasilitas umum,” kata Loesy disela- sela mengikuti kunjungan Gubernur Jatim ke Batu.

Diakui, pihaknya tidak diundang dalam rapat koordinasi forum lalin dan angkutan jalan. Namun Pemkot Batu sudah berkirim surat tentang rencana pelebaran jalan untuk jalur penyelamatan.

“Kami sudah  menerima surat dari Pemkot Batu dan kami menyetujuinya  untuk pembuatan jalur penyelamatan di kawasan Klemuk desa Songgokerto Kecamatan Kota Batu tapi saya masih belum melihat lokasinya,” lanjutnya.

Ada 3 titik yang diusulkan Pemkot Batu untuk Jalur penyelamatan itu sangat penting karena di sana sering terjadi kecelakaan akibat rem blong, baik roda dua maupun roda empat.

Jalur Klemuk terkenal terjal jika ditempuh dari arah Kota Batu dan menurun curam jika ditempuh dari arah Pujon, Kabupaten Malang. Meski ekstrem namun jalur Klemuk menjadi favorit pengendara roda dua dan roda empat karena jalannya membelah gunung sehingga waktu yang ditempuh lebih cepat.

Sementara itu PJ.Walikota Batu Aries Agung Paewei ketika dikonfirmasi menyangkut keingingan menghadap Perhutani usai rapat koordinasi forum lalin dan angkutan jalan mengungkap.

“Kami sudah  berkirim surat ke Perhutani dan responnya positif. Mala pihak Perhutani menjelaskan jika menyangkut  keselamatan dan kebutuhan orang banyak silahkan dipergunakan,” ungkap Aris.

Karena itu bulan depan ( Juli 2023 ) Pemkot Batu akan mulai membangun jalur penyelamatan pengendara di kawasan Klemuk Songgoriti Batu, diperkirakan ada 3 titik.

“Usulan kita,  membuat jalur keselamatan agak panjang 30 Meter dengan lebar kanan kiri menyesuaikan serta diberi jalan kejut sehingga pengendara yang lewat jalur itu bisa hati-hati. Kita akan kerjakan rencanan bulan deoan, dengan anggaran yang dipergunakan sekitar Rp. 1 miliar ” papar PJ.Walikota Batu. (Buang Supeno)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.