ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Hutan Kemasyarakatan dan Hutan Desa Akomodasikan Kewarifan Lokal

June 8, 2022 by  
Filed under Serba-Serbi

Share this news

MUARA KAMAN – Ketua Lembaga Pengelola Hutan Desa Muara Siran Abdul Agus Nur Aini mengatakan Kebijakan Kementerian Kehutanan mengembangkan pengelolaan hutan berbasis masyarakat berbentuk Hutan Kemasyarakatan (HKm) dan Hutan Desa (HD) terbukti mampu mengakomodasi kearifan lokal dalam pelestarian hutan sekaligus menjawab tuntutan pembukaan lapangan kerja, peningkatan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi. Masyarakat.

“Program hutan desa ini, daerah tersebut  sedang focus mengembangkan madu kelulut, sebagai obyek kembangan yang padu terhadap konsisi hutan di desa muara siran kecamatan muara Kaman pedalaman kutai kartanegara, dan hal itu mampu berkembang secara ekonomi masyarakat bergerak” kata Abdul Agus Aini  di Kecamatan Muara Kaman, Rabu 8/06/2022)

Menurut Abdul Agus Nur Aini, selama ini hutan dan kondisi  potensi hutan kerakyatan di desa mereka sangat potensial di kembangkan dengan berbagai potensi sumber daya hayati di daerah tersebut.

Selain Itu Agus Nur Aini meyakinkan, hutan kemasyarakatan dan hutan desa mampu meningkatkan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi lokal warga, di kawasan Desa Muara Sirang Kutai Kartanegara.( **/ Rudi )


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.